Keragaman Potensi Harus Dimaksimalkan Agar Generasi Muda Tidak Lupa Akar Budaya Daerahnya

IST/BERITA SAMPIT - Asisten Ekbang Setda Provinsi Kalteng Sri Widanarni saat menghadiri Festival Budaya Maneser Panatau Tatu Hiang Tahun 2023, dalam rangka ulang tahun yang ke 11 sanggar seni dan budaya Riak Renteng Tingang, di Panggung Teater Terbuka UPT Taman Budaya Kalteng

PALANGKA RAYA – Asisten Ekbang Setda Provinsi Kalteng Sri Widanarni menyampaikan, atas nama Pemerintah Provinsi Kalteng menyambut baik dilaksanakan festival budaya Maneser Panatau Tatu Hiang ini, karena Kalimantan Tengah memiliki potensi yang luar biasa, baik dari segi sumber daya manusia maupun alamnya.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri Festival Budaya Maneser Panatau Tatu Hiang Tahun 2023, dalam rangka ulang tahun yang ke 11 sanggar seni dan budaya Riak Renteng Tingang, di Panggung Teater Terbuka UPT Taman Budaya Kalteng, Kamis 27 Juli 2023 malam kemaren.

“Keragaman potensi tersebut haruslah dimaksimalkan agar generasi muda kita tidak lupa akan akar budaya daerahnya, selalu memelihara dan menjaga keberagaman budaya sebagai modal untuk membangun generasi muda Kalteng yang berkualitas dan kompetitif,” ucapnya.

BACA JUGA:   Yuas Elko Membuka Gelar Seni Budaya Hari Perempuan Internasional

Festival ini juga momentum yang sangat berharga untuk melestarikan seni budaya, khususnya aneka jenis tari-tarian yang ada di Kalteng dan di tanah air pada umumnya, yang dapat menjadi potensi dalam mendukung Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia.

Sementara itu, Kepala UPT Taman Budaya Wildae Desyanthy Binti mengatakan, seperti seni merupakan bagian dari budaya sebagai identitas dari suatu bangsa, oleh sebab itu sudah menjadi tanggungjawab bersama, pemerintah, masyarakat dalam hal ini komunitas para pelaku seni, untuk memelihara dan mengembangkan seni ditengah-tengah bangsa, khususnya seni pertunjukan.

BACA JUGA:   IPMK Palangka Raya Menggelar Buka Bersama dan Tausiah Agama

“Kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada sanggar seni dan dudaya Riak Renteng Tingang, yang telah menyelenggarakan kegiatan festival ini dan memberikan ragam hiburan, dalam hal ini yang berkaitan dengan aneka kesenian yang akan ditampilkan di panggung taman budaya,” jelasnya.

Pada kesempatan ini ia mengharapkan, agar festival seni budaya Maneser Panatau Tatu Hiang ini, dapat berjalan dengan lancar dan sukses sebagaimana maksud dan tujuan yang diharapkan bersama, yaitu menghasilkan para seniman dan pelaku-pelaku seni yang kreatif dan inovatif. (Hardi)