Anak-anak Kunci Penting Masa Depan Bangsa

IST/BERITASAMPIT- Kemeriahan lomba menggambar dan mewarnai anak PAUD se-Kota Palangka Raya.

PALANGKA RAYA – Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2023, Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Persatuan Guru Indonesia (IGTKI-PGRI) Kota Palangka Raya dan Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dni Indonesia (HIMPAUDI) Kota Palangka Raya menggelar lomba menggambar dan mewarnai bagi anak PAUD se-Kota Palangka Raya.

Peringatan HAN dengan Tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” ini digelar di Rumah Jabatan Wali Kota Palangka Raya, pada Sabtu 29 Juli 2023 kemarin, yang secara resmi dibuka oleh Bunda PAUD Kota Palangka Raya, Avina Fairid Naparin.

Avina Fairid Naparin mengatakan, Hari Anak Nasional adalah momen penting untuk mengingatkan kembali kepada kita semua, bahwa anak-anak adalah kunci penting dari bagaimana masa depan bangsa ini terbentuk.

BACA JUGA:   Dishut Kalteng Peringati Hari Bakti Rimbawan ke-41: Peran Rimbawan dalam Pemanfaatan SDA, Bersatu dalam Merawat Lingkungan

“jika anak-anak bangsa menjadi generasi yang unggul dan kaya prestasi, maka begitu pula masa depan bangsa. Begitu juga sebaliknya, jika anak-anak bangsa ini menjadi generasi yang pemalas, suka mengeluh dan tidak punya kepedulian, maka ke depannya bangsa ini bisa tertinggal dari bangsa-bangsa yang lain,” kata Avina.

Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk menyadari pentingnya menciptakan generasi bangsa yang kuat, cerdas, dan produktif untuk menciptakan generasi yang ideal.

Menurutnya, semua orang terdekat dengan anak dapat menjadi sumber belajar, inspirasi dan berperan penting dalam memberikan pendidikan, pengasuhan, perlindungan, serta menjamin pemenuhan hak-hak dasar anak.

BACA JUGA:   Pemkot Palangka Raya Anggarkan Rp26,8 Miliar Tangani Stunting

“Tentu saja, ini bukan perkara gampang dan memerlukan dukungan berbagai stakeholder yang berhubungan dengan pembuat kebijakan, harus bersinergi secara pas dan tepat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Avina menyebutkan bahwa semua orang tua dari anak-anak, harus menyadari bahwa anak-anak dari berbagai latar, kelas dan golongan, memiliki hak yang sama, serta harus dilindungi dan dijaga.

“Selamat Hari Anak Nasional, semoga semua anak Indonesia terutama anak-anak di Kota Palangka Raya selalu memiliki akhlak yang baik, sopan, santun, sehat, cerdas dan selalu ceria,” tutupnya.

(Syauqi)