Lantik Dua Damang Kepala Adat di Kabupaten Kapuas, Plt Bupati Sampaikan Pesan Ini

IST/BERITASAMPIT - Foto bersama Plt Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor saat lantik dua Damang Kepala Adat Kecamatan Kapuas Kuala dan Kecamatan Mandau Talawang.

KUALA KAPUAS – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor lantik dan kukuhkan dua Damang Kepala Adat Kecamatan Kapuas Kuala dan Kecamatan Mandau Talawang, Senin 31 Juli 2023.

Dua Damang yang di lantik tersebut yaitu Damang Kapuas Kuala Mulyadi dan Damang Mandau Talawang Kariano, usai pelantikan tersebut dilakukan pengukuhan oleh Ketua Harian DAD Kapuas, tampung tawar, pengalungan Lilis Lamiang dan penyerahan SK Damang bertempat di Aula Bapelitbangda Kabupaten Kapuas.

Hadir dalam acara tersebut Asisten I Setda Kapuas Ilham Anwar, Kepala Dinas DPMD Kabupaten Kapuas Budi Kurniawan, Ketua Harian Adat Dayak (DAD) Kabupaten Kapuas Gumer L, Unsur Forkopimda Kapuas, dan sejumlah Kepala OPD Lingkup Pemkab Kapuas, Camat, Damang Kepala Adat Se Kabupaten Kapuas.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

Plt Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor menyampaikan pelantikan dan pengukuhan ini sebagai wujud apresiasi atau penghargaan kepada Damang Kepala Adat selain insentif dari Pemerintah Kabupaten Kapuas yang sudah ada, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah juga telah memberikan insentif kepada seluruh Damang Kepala Adat yang ada di Kalteng.

“Diharapkan ini dapat memotivasi dalam pemberdayaan, melestarikan dan mengembangkan adat istiadat di Kabupaten Kapuas menuju terciptanya budaya “Rumah Betang” dan belom Bahadat, hal ini juga selaras dengan peraturan daerah nomor 3 Tahun 2015,” kata Nafiah.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

Nafiah juga mengatakan untuk mendukung terwujudnya adat istiadat dan lembaga adat yang sesuai dengan harapan yang tertuang dalam peraturan daerah nomor 3 Tahun 2015, maka setiap Damang Kepala adat di tuntut untuk terus mengembangakan kemampuan dan pengalaman yang dimiliki.

“Saya ucapkan selamat pula kepada Damang Kepala Adat yang baru di lantik, saya berpesan dan mengajak kita sekalian khususnya Damang Kepala Adat yang baru di lantik untuk ikut membantu guna melancarkan penyelenggaraan pemerintah, ciptakan susasana kondusif yang dapat menjamin terpeliharanya kebenihan Adat dalam rangka persatuan kesatuan bangsa” tutup Nafiah. (Hasan)