Polres Gunung Mas Tingkatkan Kesiapsiagaan Personel Melalui Latihan Simulasi Sispam Mako

IST/BERITA SAMPIT - Kapolres Gunung Mas AKBP Asep Bangbang Saputra saat mengecek langsung simulasi sistem pengamanan markas komando.

KUALA KURUN – Polres Gunung Mas, Kalimantan Tengah menggelar Alarm Stelling dalam rangka cek kesiapsiagaan personel serta latihan simulasi sistem pengamanan markas komando (Sispam mako).

Simulasi ini dalam rangka meningkatkan keamanan mako dan bertujuan untuk membekali personil Polres Gunung Mas agar memiliki kemampuan taktik dan teknik dalam operasi pengamanan mako.Simulasi digelar dengan melibatkan para PJU dan seluruh anggota Polres Gumas dari semua satuan fungsi dan staf serta ASN Polri.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Gunung Mas AKBP Asep Bangbang Saputra didampingi Wakapolres  Kompol Tri Wibowo serta turut dihadiri Kabag Ops Kompol Budiono. Kegiatan ini dipusatkan di seputaran Mako dan Asrama Polres Gunung Mas, Kamis 3 Agustus 2023.

BACA JUGA:   Safari Ramadan di Kecamatan Sepang, Bupati Gunung Mas Ajak Masyarakat Tingkatan Ketaqwaan 

Adapun pelaksanaan simulasi Sispam Mako ini, diawali mendengar tanda berupa alarm menandakan situasi berbahaya, selanjutnya seluruh Personil Polres Gunung Mas segera berlarian mengambil posisi masing-masing yang telah ditentukan guna bersiaga dalam menghadapi segala kemungkinan situasi yang akan terjadi.

Kapolres Gunung Mas AKBP Asep Bangbang Saputra dalam kesempatan tersebut mengatakan, dengan adanya latihan simulasi sispam mako ini bertujuan untuk melatih seluruh Personil agar lebih sigap dan cekatan dalam melaksanakan pengamanan mako Polres Gunung Mas.

“Pelatihan Sispam Mako atau sistem pengamanan mako ini sangat perlu dilakukan guna memberikan gambaran kepada seluruh anggota Polres Gumas bilamana terjadi hal-hal yang berhubungan dengan keamanan mako serta mengantisipasi dan mencegah upaya pengrusakan maupun serangan fisik terhadap Mapolres yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab,” ungkap AKBP Asep Bangbang Saputra.

BACA JUGA:   Polres Gunung Mas Terapkan Tes Urine Bagi Personel Tanpa Keterangan dan Anggota Miliki Penyakit Menahun Didata

Lebih lanjut dikatakannya, tujuan dari alarm stelling dan cek kesiapsiagaan tersebut untuk melatih responsivitas serta kesiapsiagaan baik personil maupun sarana prasarana guna kesiagaan Polres Gunung Mas.

“Sehingga pada saat nantinya dalam menghadapi situasi kamtibmas serta kondisi kontijensi yang sewaktu-waktu memerlukan kehadiran anggota Polri dapat teratasi dengan baik” tutupnya. (Ale)