Penjualan Bendera Merah Putih di Kapuas Masih Sepi Peminat

HASAN/BERITASAMPIT - Potret deretan bendera penjual pernak-pernik peringatan Hari Kemerdekaan di pasar Kota Kapuas.

KUALA KAPUAS – Penjual Bendera Merah Putih dan pernak-pernik sudah mulai bermunculan di sejumlah wilayah Kabupaten Kapuas, jelang Hari Kemerdekaan RI ke-78.

Sejumlah pedagang di Kabupaten Kapuas mengaku, hingga saat ini penjualan Bendera Merah Putih masih sepi. Biasanya, penjualan pernak-pernik bendera Merah Putih menjelang 17 Agustus mengalami peningkatan.

Hal ini diakui oleh sejumlah penjual yang menjajakan dagangannya seperti misalnya, di Pasar Sari Mulya, Pasar Baru Palingkau, Pasar Rabu Anjir. Padahal, harga yang dipatok pun bervariatif. Mulai dari Rp5 ribu, hingga ratusan ribu rupiah.

Termasuk dagangan yang berada di kawasan Pasar Sari Mulya, milik Hamzah. Dia mengaku, hingga saat ini penjualannya masih sepi pembeli.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

Diakui Hamzah, penjualan dirasakan menurun bila dibandingkan beberapa tahun sebelumnya. Untuk tahun ini, dirinya sudah mulai menjajakan dagangan bendera dan umbul-umbul, sejak Juli lalu.

“Tapi biasanya, sepekan sebelum puncak peringatan Kemerdekaan RI, baru penjualan bakal meningkat,” ujarnya, Selasa 8 Agustus 2023.

Meski sudah lama mulai berdagang, ia mengaku penjualan masih sangat sepi, “Jadi, mungkin warga lebih memilih untuk membeli beras karna dampak dari pandemi Covid-19 masih terasa,” ungkap Hamzah.

Salah seorang warga Anjir Serapat yang bernama Ilham mengaku, dia sengaja membeli bendera untuk mengingat perjuangan pahlawan dahulu, serta menumbuhkan rasa nasionalisme.

“Minimal memasang bendera di halaman rumah menyambut hari kemerdekaan untuk menghargai jasa-jasa pendahulu,” ujarnya.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

Ilham berharap, agar seluruh masyarakat juga turut memeriahkan hari besar itu dengan ragam kegiatan positif.

Sementara itu, Sekda Kapuas Septedy juga dalam kesempatan itu mengimbau agar masyarakat bisa memasang bendera merah putih di kawasan kompleks atau sekitar rumah.

“Perlu ada kesadaran, baik dari masyarakat atau Ketua RT di lingkungan masing-masing, kembalikanlah suasana Kemerdekaan ke tahun-tahun sebelumnya yang sangat meriah. Dirikan umbul-umbul, pasang bendera, sajikan berbagai macam kegiatan positif dan meriah,” pesannya.

Dia berharap rasa nasionalisme masyarakat Kabupaten Kapuas kian tumbuh dari tahun ke tahun. (Hasan)