DPRD Minta Pemda Fokus Pemberdayaan SDA dan SDM

LULUS/BERITA SAMPIT- Anggota DPRD Mura, Bebie S.Sos

PURUK CAHU- Sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) adalah dua komponen penting dalam suatu kehidupan. Keduanya harus sejalan dengan sangat baik. Apabila tidak bisa seimbang satu sama lain maka kehidupan ini tidak akan berjalan dengan baik.

Maka dari itu, Anggota DPRD Murung Raya, Bebie berharap pemerintah daerah (Pemda) agar dapat fokus dalam pemberdayaan maupun pengelolaan sumber daya daerah baik itu SDA maupun SDM.

“Upaya untuk memaksimalkan potensi SDA maupun SDM memerlukan langkah konkret, terutama dalam sektor pertanian dan perkebunan,” kata Bebie, Selasa 15 Agustus 2023.

Ia menyebut, salah satu kunci keberhasilan yakni dengan menghadirkan tenaga ahli yang mampu memberikan bimbingan dan arahan kepada masyarakat untuk membantu dalam mengelola lahan yang belum dimanfaatkan secara efektif.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

“Kami yakin, bahwa pemberdayaan SDM dan SDA khususnya pada sektor pertanian dan perkebunan, dapat diwujudkan melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan. Dengan mengundang para ahli, dapat dipastikan bahwa lahan yang dimiliki oleh masyarakat digunakan secara maksimal dan efisien,” terangnya.

Di sisi lain, politisi PDI Perjuangan ini juga menyebut, bahwa pentingnya dukungan komprehensif dari Pemda agar menjadi perhatian. Sehingga selain pelatihan, infrastruktur yang memadai menjadi unsur penting dalam pengembangan SDA dan SDM.

Ia menilai dengan adanya, dukungan pemerintah untuk memperbaiki infrastruktur fisik di daerah, akan membuka akses lebih baik untuk mengangkut hasil pertanian dan perkebunan ke pasar yang lebih luas.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

Bebie juga mendorong pemerintah untuk dapat memberikan program pengadaan bibit dan pupuk dengan harga terjangkau. Langkah ini akan pastinya akan dapat mendorong petani lokal untuk meningkatkan produktivitas mereka tanpa terbebani biaya mahal.

“Hal ini juga untuk menjawab atas tantangan dalam memajukan sektor pertanian dan perkebunan di daerah ini, dukungan pemerintah terhadap pemberdayaan SDA dan SDM menjadi kunci keberhasilan dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan,” tutupnya(Lulus)