Meriahkan HUT ke-78 RI, RSUD Kapuas Gelar Lomba Kebersihan Ruangan

IST/BERITASAMPIT - Salah satu peserta lomba kebersihan ruangan saat diberikan piala, Kamis 17 Agustus 2023.

KUALA KAPUAS – RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmojo Kuala Kapuas menggelar lomba kebersihan ruangan di seluruh ruangan atau kawasan rumah sakit setempat.

Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan ke-78 RI. Lomba tersebut diikuti oleh karyawan dan berlangsung meriah. Tampak sejumlah karyawan antusias bersaing ketat untuk menjadi yang terbaik dalam lomba tersebut.

Lomba yang digelar sejak 16 hingga 17 Agustus di RSUD dr Soemarno Sosroatmodjo berlangsung meriah.

Lomba ini diinisiasi oleh Kepala Bidang Keperawatan Hikmayanti. Menurutnya, ada tiga kategori yang dilombakan, yakni lomba kebersihan ruangan di seluruh Unit dan Instalasi, Rawat Inap, dan Rawat Jalan yang ada di RSUD setempat.

Dikatakan Hikmawati, lomba tersebut digelar dalam rangka memeriahkan HUT RI sudah rutin dilaksanakan setiap menjelang 17 Agustus pada setiap tahunnya.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

“Perlombaan ini juga untuk mengenang jasa para pahlawan bangsa yang telah berkorban jiwa dan raga untuk Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945,” ujarnya.

Tim penilai lomba kebersihan ruangan ini terjun langsung untuk menilai kebersihan ruangan dilakukan oleh IPCN PPI Mega Selvia, Ketua Komite Keperawatan Sri Ilyanti, dan didampingi Koordinator Promkes RS Popo Subroto yang mendokumentasikan rangkaian kegiatan penilaian.

Mega Selvia memaparkan penilaian lomba lebersihan ruangan ini dilaksanakan guna menyemarakkan HUT RI yang ke 78 tahun, setiap peserta menghias ruangannya menggunakan beragam ornamen Merah Putih. Hal ini bertujuan untuk menjaga kedisiplinan di setiap ruangan serta memantau kebersihan selalu terjaga di unit kerjanya masing-masing.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

“Selain berkaitan dengan kreasi warna warni merah putih HUT RI di setiap ruangan, poin terpenting dalam lomba kebersihan ini adalah yang utama dinilai kondisi tempat sampah tiap ruangan dalam pemilahan sampah medis atau bukan, kondisi debu di tiap-tiap perangkat maupun kebersihan instrumen sarana dan prasarana yang tersedia ruangan,” paparnya.

Kemudian untuk kategori pemenang lomba kebersihan kategori ruangan Rawat Inap (1-3) adalah Ruang Dahlia, Cempaka, ICU, dan favorit Teratai, untuk kategori pemenang lomba kebersihan ruangan Rawat Jalan (1-3) Poliklinik Jiwa, Poliklinik Anak, Poliklinik Neurologi, dan juara favorit Poliklinik Penyakit Dalam, serta kategori lomba kebersihan Unit/Instalasi (1-3) Instalasi Rekam Medik, Laboratorium dan Fisioterapi, dan juara favorit Instalasi Radiologi.

(Hasan)