Bupati Katingan Lepas 53 Peserta Pawai Karnaval Budaya

BITRO/BERITASAMPIT - Bupati Katingan Sakariyas bersama Wakil Bupati Katingan, Sunardi N.T Litang secara langsung melepas peserta pawai pembangunan di Lapangan Sport Center Kasongan, Jumat 18 Agustus 2023.

KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas melepas 53 peserta Pawai Karnaval Budaya dan Pawai Pembangunan 2023, di Lapangan Sport Center Kasongan, Jumat 18 Agustus 2023.

Pawai tersebut digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Bupati Katingan Sakariyas mengatakan, kegiatan tersebut dinilai bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung di Kabupaten Katingan. Kegiatan ini mampu menjadi sarana mempromosikan beragam potensi budaya yang ada di kabupaten yang berjuluk Penyang Hinjei Simpei tersebut.

BACA JUGA:   Satpol PP Katingan Imbau Pengusaha Tidak Menjual Miras Selama Ramadan

“Untuk mencapai daya tarik wisatawan tersebut, tentu perlu persiapan yang lebih matang dan promosi yang kuat agar dapat diketahui dunia luar,” kata Sakariyas.

Selain itu, kegiatan yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan ini menjadi event tahunan yang diikuti oleh ribuan masyarakat Katingan.

“Peserta terdiri dari Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), kecamatan hingga kelurahan, instansi vertikal, pelajar SD, SMP, SMA hingga mahasiswa dan organisasi masyarakat di Katingan yang menampilkan beragam seni yang ditampilkan,” ujarnya.

BACA JUGA:   Lantik Pj Kades dan PAW BPD, Pj Bupati Katingan Sampaikan Pesan Ini

Beragam hiasan mobil dengan etnis budaya khas dayak ditampilkan pada karnaval tahunan tersebut. Misalnya, penampilan Paskibraka, baju adat, hingga peserta yang menampilkan gaya nyentrik, seperti kelompok orang tua yang menggunakan seragam anak SD.

“Saya harapkan kegiatan ini bisa menjadi ajang promosi wisata, mudah-mudahan di tahun depan ada wisatawan mancanegara yang hadir melihat keunikan dan potensi daerah kita,” pungkasnya.