Ribuan Masyarakat Katingan Ikuti Karnaval Budaya dan Pawai Pembangunan

BITRO/BERITASAMPIT - Suasana peserta pawai melakukan atraksi saat menggunakan pakaian khas Suku Dayak Mayan, Jumat 18 agustus 2023.

KASONGAN – Ribuan masyarakat mengikuti karnaval budaya Pawai Pembangunan 2023 Kabupaten Katingan dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, Jumat 18 Agustus 2023.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DHL) Katingan Yubie Sandara mengatakan, hingga sekarang tercatat ada 53 peserta yang sudah didata oleh pihaknya untuk mengikuti pawai.

Peserta tersebut terdiri dari Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), kecamatan, kelurahan, instansi vertikal, pelajar SD, SMP, SMA hingga mahasiswa dan organisasi masyarakat.

BACA JUGA:   Jelang Arus Mudik, Polisi Berikan Bantuan Alat Keselamatan untuk Ferry Penyeberangan

“Jumlah yang mendaftar 53 kelompok dengan jumlah personel yang tercatat 1600 peserta. Jumlah ini tentu masih ada yang belum tercatat. Antusias peserta mengikuti pawai pembangunan sangat luar biasa,” ungkap Kadis DLH Yubie Sandara.

Dia mengatakan, masyarakat begitu antisias mengikuti kegiatan tahunan ini. Apalagi, selama pandemi Covid-19 masyarakat mengikuti kegiatan ini.

Antusias peserta terlihat dengan menampilkan beragam pakaian adat, hiasan sepeda, kendaraan roda dua dan empat yang disertai etnis budaya memeriahkan pawai tahun ini.

BACA JUGA:   Lantik Pj Kades dan PAW BPD, Pj Bupati Katingan Sampaikan Pesan Ini

“Kami selaku panitia mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan yang telah berpartisipasi untuk mensukseskan acara ini, baik secara moril ataupun materil,” tuturnya.

Nampak hadir Bupati Katingan Sakariyas, Anggota DPRD Katingan, SOPD dan sejumlah tokoh masyarakat ikut memeriahkan kegiatan tersebut.

Beberapa rute jalan yang dilalui peserta karnaval, peserta start dari Jalan Ahmad Yani, Jalan Soekarno Hatta,asuk Jalan Simpang Tiga Jalan Stroberi dan finish di Lapangan Sport Center Kasongan.