Waket II DPRD Kobar: Bibit Pohon Jangan Hanya Ditanam, Tapi Harus Dirawat dan Dipelihara

Ilustrasi Kang Maman

PANGKALAN BUN – Wakil Ketua ( Waket ) II DPRD Kabupaten Kobar Bambang Suharman, mengatakan masih ada sejumlah orang yang ikut program penghijauan saat menanam bibit pohon, hanya menanam saja tidak ada kelanjutan untuk merawat dan memeliharanya.

“Jadi pada intinya, kalau bibit pohon yang telah ditanam ingin subur dan cepat tumbuhnya, jangan hanya ditanam tapi harus dirawat dan dipelihara,“ kata Bambang Suherman saat menghadiri sekaligus ikut menanam bibit pohon yang diinisiasi Polres Kobar, Rabu 23 Agustus 2023.

Menurutnya, kegiatan penanaman pohon dalam rangka penghijauan jangan hanya terkesan seremonial saja, namun bibit pohon yang ditanam agar dapat dirawat dan dipelihara sehingga tumbuh depan baik, sehingga tidak layu.

“Hari ini saya mengikuti kegiatan penanaman pohon yang diinisiasi oleh Polres Kobar. Tentu saya apresiasi kegiatan ini, sebagai wujud peduli lingkungan. Namun, pesan saya agar setelah penanaman pohon ada perawatan, khususnya kepada dinas lingkungan hidup, agar dapat merawatnya,” ujar Bambang Suherman.

Masih kata Bambang Suherman,  dalam kegiatan penanaman pohon dengan tema ‘Polri lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini’, yang berlangsung di Pangkalan Bun Park tersebut, Polres Kobar bekerjasama dengan Orangutan Foundation Internasional (OFI), haru berlanjut dengan pemeliharaannya.

“Ada banyak pohon lokal yang disiapkan OFI dan ditanam hari ini, seperti kayu Ulin dan lainnya. Semoga pohon ini dapat tumbuh dengan baik, tentunya setelah secara rutin ada perawatan,” tuturnya.

Bambang Suherman, juga mencontoh kan dulu ada program penghijauan di jalan Pangkalan Bun menuju Kotawarigin, dengan menanam bibit pohon. Namun karena tidak ada perawatan dan pemeliharaan samai sekarang tidak ada yang tumbuh.

“Saya juga menghimbau kepada Dinas Lingkungan Hidup dan OFI, setelah acara penanaman bibit pohon harus mengontrol kelokasi penanaman bibit pohon. Jangan seperti yang sudah-sudah, nanam sepanjang jalan Kotawaringin dulu pernah 1.000 lebih bibit pohon, tidak ada ada yang hidup juga sama sekali. Maka, program yang baik dari Polres ini harus kita tindaklanjuti dengan memelihara dan merawatnya,” ungkap Bambang Suherman. (Man)