Basarnas Berhasil Evakuasi Korban Kapal Terbalik di Perairan Ujung Pandaran

IST/BERITA SAMPIT - Basarnas Kalteng, saat mengevakuasi korban kapal terbalik

SAMPIT – Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Palangka Raya menerima info Kecelakaan Kapal Berkat Sentosa Jaya. Diketahui kapal yang bermuatan pupuk terbalik di Perairan Ujung Pandaran Sampit, bermuatkan 8 orang.

Kepala Basarnas Palangka Raya AA. Alit Supartana mengatakan, bahwa kapal Berkat Sentosa Jaya bermuatan pupuk berlayar dari Bontang menuju Sampit, pada Senin 28 Agustus 2023.

“Kemudian sekitar pukul 13:00 WIB kapal terbalik karena cuaca buruk di Perairan Ujung Pandaran Sampit, dan bedasarkan informasi dari yang didapat dari kapal ikan sekitar yang sempat berkomunikasi dengan kapal Berkat Sentosa, bahwa semua korban terombang ambing di laut dan berada diatas life craft,” ucapnya, Selasa 29 Agustus 2023.

BACA JUGA:   Terjadi Tawuran di Nur Mentaya Saat Malam Minggu

Setelah mendapatkan laporan, pukul 15:00 WIB, pihaknya langsung memberangkatkan Tim Rescue Pos SAR Sampit ke LKP dengan menggunakan RIB 01 PLK untuk melakukan operasi SAR. Estimasi Jarak sekitar 51 mil laut, dan waktu tempuh selama  sekitar 2 Jam.

“Selain itu juga kita berkoordinasi dengan BCC, Pos AL Samuda, KSOP Sampit, KKP Sampit dan Agen Kapal perihal kejadian naas tersebut, dan pada pukul 20:10 WIB, tim Rescue Pos SAR Sampit berhasil menemukan keberadaan korban,” tambahnya.

BACA JUGA:   Polda Kalteng Diminta Bersikap Hingga Desak Pihak yang Duduki Lahan Sengketa di Desa Pelantaran untuk Tinggalkan Lokasi

Semua korban yang berjumlah 8 orang berada di atas life craft dalam keadaan selamat dan langsung dievakuasi menggunakan RIB 01 PLK ke Ujung Pandaran Kabupaten Kotawaringin Timur.

Adapun data korban selamat;

  1. Sahriadi  (Nahkoda)
  2. Arman (Mualim I)
  3. Irmang (KKM)
  4. Misrawanto ( Masinis II)
  5. Fikruddin (Juru Mudi)
  6. Jusriandi (Juru Minyak)
  7. Mustaming (Kelasi)
  8. Sahrianto (Kelasi)

(yud)