Dewan Berharap Puskesmas Lakukan Goes to School, Cek Kesehatan Peserta Didik 

IST/BERITASAMPIT - Anggota DPRD Kota Palangka Raya Susi Idawati

PALANGKA RAYA- Anggota Komisi C DPRD Palangka Raya, Susi Idawati Berharap pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Wilayah Kota Palangka Raya untuk melakukan ‘Goes to School’ melakukan pengecekan kesehatan peserta didik  di sekolah.

Hal itu perlu dilakukan mengingat kondisi ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah saat ini sedang mengalami musim kemarau yang menimbulkan banyaknya kejadian kebakaran hutan dan lahan (karhutla), yang menyebabkan dampak munculnya kabut asap yang berbahaya bagi kesehatan masyarakat.

BACA JUGA:   Subsidi Ongkos Angkut Distribusi Beras Diharapkan Bisa Tekan Kenaikan Harga

“Dampak kabut asap ini tidak sedikit yang membuat kesehatan anak-anak ikut terganggu. Terutama berkenaan dengan Infeksi Saluran Pernafasan Akut atau ISPA,” Kata Susi Idawati belum lama ini.

Susi melanjutkan puskesmas di Kota Palangka Raya bisa melakukan goes to school atau mendatangi tiap-tiap sekolah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan peserta didik dan juga tenaga pendidik.

“Goes To School artinya setiap UPT Puskesmas Palangka Raya bisa blusukan ke sekolah untuk mengecek kondisi kesehatan pelajar, maupun melakukan sosialisasi kesehatan kepada pelajar,” ujarnya.

BACA JUGA:   Subsidi Ongkos Angkut Distribusi Beras Diharapkan Bisa Tekan Kenaikan Harga

Susi menyebut, kesehatan peserta didik di sekolah merupakan hal yang sangat penting diperhatikan, guna mewujudkan generasi emas tahun 2045 sebagaimana target dari pemerintah Republik Indonesia (RI).

“Tercapainya generasi emas dapat dilihat dari tingkat kesehatan masyarakat. Kemudian tingkat kesejahteraan, pendidikan, ekonomi dan faktor sosial dari pelajar juga harus baik. Dalam artian semuanya terpenuhi dalam akses kesehatan,” pungkasnya.

(Syauqi)