Pemkab Sukamara Bersama BKSDA Lepasliarkan Rusa Sambar ke Suaka Margasatwa Lamandau 

ENN BERITA SAMPIT - Pelepasliaran Rusa Sambar secara simbolis oleh Pemkab Sukamara dan BKSDA.

SUKAMARA – Pemerintah Kabupaten Sukamara bersama BKSDA Kalimantan Tengah melepasliarkan Rusa Sambar ke kawasan Suaka Margasatwa Lamandau, Selasa 12 September 2023.

Dalam kegiatan tersebut ada empat ekor Rusa Sambar hasil dari penangkaran PT KSK yang sebelum dilepasliarkan diberi nama oleh Bupati Sukamara, Kapolres Sukamara, Wakil Bupati Sukamara dan Perwira Penghubung Kodim 1014 Pbun di Sukamara.

Bupati Sukamara, Windu Subagio mengatakan bahwa pelepasliaran Rusa Sambar ini merupakan aksi nyata untuk mewariskan bumi yang lebih baik untuk anak cucu kedepan.

“Kehadiran Rusa Sambar secara tidak langsung sangat penting dalam menjaga keseimbangan alam keberadaan rusak ini sudah mulai langka sehingga menjadi satwa yang dilindungi dan dilarang untuk diburu dan diperjualbelikan,” kata Windu Subagio pada kegiatan pelepasliaran Rusa Sambar di kawasan SM Lamandau.

BACA JUGA:   Amankan Pasokan dan Harga Pangan, Pemkab Sukamara Gelar Pasar Murah 

Windu menjelaskan jika pelepasliaran Rusa Sambar merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Hari Konservasi Alam Nasional Kalimantan Tengah tahun 2023 yang puncak acaranya diselenggarakan di taman wisata alam bukit tengkiling Palangka Raya pada Oktober mendatang.

“Konservasi alam merupakan gerakan perlindungan dan pemeliharaan alam serta sumber dayanya secara teratur untuk mencegah dari kerusakan,” ucap Windu Subagio.

BACA JUGA:   H Windu Subagio Tegaskan Tidak Akan Maju Pada Pilkada Sukamara 2024

“Karena itu pelestarian lingkungan dan makhluk hidup menjadi kunci sukses suatu konservasi,” lanjutnya.

Dalam kesempatan itu Hindu sebagai juga mengajak seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Sukamara untuk ikut menjaga dan melestarikan keberadaan rusa sambar yang merupakan bagian dari keanekaragaman hayati SM Lamandau.

“Melihat potensi kawasan Suaka Margasatwa Lamandau saya mengajak seluruh masyarakat untuk berperan aktif dalam pelestarian satwa rusa sambar dengan tidak melakukan pemburuan satwa ini dan pembakaran lahan,” tukas Windu Subagio. (enn)