Dinsos Kota Palangka Raya Salurkan Bansos untuk 69 PPKS Disabilitas 

IST/BERITASAMPIT- Penyandang Disabilitas saat menerima bantuan dari Dinsos Kota Palangka Raya.

PALANGKA RAYA – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Palangka Raya menyalurkan bantuan sosial atensi Rehabilitasi sosial kepada 69 Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) penyandang disabilitas.

“Bantuan yang disalurkan ini yaitu berupa kebutuhan dasar dan nutrisi, alat bantu berupa kursi roda Cereblal Palsy ( CP) , Walker CP, Kursi roda biasa serta dukungan wirausaha bagi PPKS disabilitas,” kata Kepala Dinas sosial kota Palangka Raya Riduan, Rabu 27 September 2023.

Riduan menjelaskan, Bantuan Atensi tersebut berasal dari Kementerian Sosial RI yang disalurkan melalui Sentra Rehabilitasi Sosial Budi Luhur di Banjar Baru yang merupakan salah satu program unggulan yg rutin di gulirkan setiap tahun.

BACA JUGA:   Dikabarkan Maju Sebagai Bacalon Wakil Wali Kota Palangka Raya, Begini Tanggapan Emi Abriyani

“Penerima bansos tentunya melalui tahapan seleksi (proses assesmen) yg dilakukan oleh Peksos dan pendamping Rehsos agar bantuan yg diterima tepat sasaran dan sesuai dengan aturan yg berlaku,” ungkapnya.

Penyaluran tersebut lanjutnya, sebagai bagian dari upaya mewujudkan kehadiran pemerintah bagi warganya yang memerlukan penanganan khusus, sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial.

“Harapan saya dengan adanya bantuan yang diberikan ini, penyandang disabilitas di Kota Palangka Raya merasa sangat terbantu”, kata Riduan.

BACA JUGA:   Kalteng Ramadan Festival 1445 Hijriah Resmi Ditutup

Sementara perwakilan Kepala Sentra Budi Luhur, Oon menyampaikan penyaluran bantuan bagi PPKS ini merupakan bentuk nyata kehadiran Pemerintah baik di Pusat maupun daerah, khususnya Kota Palangka Raya dalam meringankan beban bagi pemerlu layanan kesejahteraan sosial terutama bagi para penyandang disabilitas .

“Pemberian bantuan bagi para penyandang disabilitas adalah petunjuk langsung dari Menteri Sosial RI, melalui Sentra Budi Luhur agar segera menyalurkan bantuan Atensi di wilayah mitra terdekat berdasarkan hasil asesmen terintegrasi dan presentasi yg sudah dilakukan di tahun 2022,” tandasnya.

(Syauqi)