Potensi Daerah di Kalteng Cukup Menjanjikan

IST/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Kalteng Ina Prayawati.

PALANGKA RAYA – Anggota DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Ina Prayawati mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) baik provinsi, kabupaten dan kota di Kalteng supaya dapat terus menggali potensi yang dapat memenuhi kebutuhan pangan daerah.

Dia menjelaskan, semakin banyak potensi tergali dan dikembangkan pada setiap daerah maka akan semakin baik untuk penguatan pangan daerah serta meminimalisir ketergantungan dengan provinsi lain.

“Potensi daerah baik pertanian, perikanan, peternakan maupun perkebunan hortikultura di Kalteng cukup menjanjikan. Dalam hal pengembangan juga harus merata kalau bisa setiap daerah mengembangkannya,” ucapnya, Kamis 28 September 2023.

BACA JUGA:   Pentingnya Investasi Memberikan Dampak Positif Bagi Masyarakat

Menurutnya, dalam memperhatikan atau menggali potensi ini pemerintah tidak hanya dapat mencanangkan program pengembangan yang dikelola langsung oleh pemerintah, akan tetapi juga usaha masyarakat yang sudah berjalan dengan memberikan dukungan berupa bantuan.

Selain itu, dari usaha masyarakat juga baik di sektor pertanian, perikanan, peternakan, dan perkebunan hortikultura dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan daerah, yang artinya dalam mengembangkan setiap usaha itu perlu adanya sinergitas.

BACA JUGA:   Persoalan Pendidikan di Kalteng Harus Segera Diselesaikan Secara Adil

“Sinergitas itu dengan memberikan dukungan seperti menyalurkan bantuan, bibit, pupuk, alsintan, dan sebagainya yang diperlukan. Jadi, pada intinya program pemerintah tetap berjalan dan usaha masyarakat juga berjalan. Nah, kita meyakini jika terjalin sinergitas seperti itu Kalteng akan dapat mandiri dalam memenuhi pangan daerah,” pungkasnya. (Hardi).