Anggota DPRD Kobar Rizky Aditya Putra: Untuk Kesehatan, Sebelum Kabut Asap Karhutla Semakin Tebal Mari Kita Pakai Masker

MAN/BERITA SAMPIT - Rizky Aditya Putra, Anggota DPRD Kobar.

PANGKALAN BUN – Kabut Asap karhutla yang diwarnai bau menyengat lahan gambut yang hangus terbakar, diam-diam secara perlahan apalagi di pagi hari sampai pukul 10an sudah mengepung Kota Pangkalan Bun.

“Alhamdulillahnya, kalau sudah siang sekitar pukul 11.00 WIB asap pun mulai pecah tersengat matahari dan tertiup angin, karena untungnya Kabupaten Kobar dekat dengan pantai,“ kata Anggota DPRD Kabupaten Kobar dari Partai Gerindra Riszky Aditya Putra.

Tapi, lanjut Rizky, kita semua jangan menyepelekan asap karhutla, walaupun asapnya belum tebal menyelimuti Kota Pangkalan Bun, kita semua disaat keluar rumah pagi-pagi selalu menggunakan masker.

“Saya juga mengimbau kepada Bapak Pj Bupati Kobar untuk mengintruksikan kepada semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait untuk menjaga kesehatan warga dengan membagikan masker dan jam masuk sekolah dilambatkan, misal mulai masuk jam 9.00 WIB,“ ungkap Rizky.

Maksud Rizky, kalau seluruh SKPD membagikan masker kepada masyarakat sebagai bukti mereka peduli kepada kesehatan masyarakat juga untuk mendidik masyarakat peduli kepada kesehatan dirinya sendiri.

Menurut Rizky, akibat kabut asap karhutla bagi mereka (warga) yang memiliki penyakit asma dan batuk-batuk, dengan cuaca sekarang ini sangat mengganggu dirinya.

“Karena zat asap (kabut) karhutla sangat tajam, tidak seperti asap bakar sate ayam atau kambing, kalau terhirup enak jadi pingin makan. Akibat kabut asap karhutla bisa mengancam kesehatan tubuh kita, seperti ISP Inspeksi Salutan Pernapasan, yang punya penyakit Asma akan bertambah parah, kemudian bisa penyakit paru-paru semakin kronis, jantung,  stroke dan lainnya,“ tegas Rizky.

Seraya menambahkan sebuah pepatah, ‘Sebelum Hujan Sedia Payung” (Artinya: kita harus mempersiapkan terlebih dahulu sebelum suatu hal terjadi ). Seperti halnya saat ini kabut asap sudah mulai datang.

“Mulai sekarang mari batasi aktivitas di luar rumah, gunakan masker, perbanyak minum air putih atau air hangat, ruangan rumah kamar jangan sampai terbuka lebar, tutup rapat air minum dan makanan, terapkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) , cuci buah-buahan sebelum dimakan dan lainnya,“ pungkas Rizky Aditya Putra, yang juga Bacaleg DPR RI ini. (Man)