Kapolres Kobar AKBP Bayu Wicaksono Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Telabang 2023-2024

GUSTI/BERITA SAMPIT : Kapolres Kobar AKBP Bayu Wicaksono, foto bersama usai memimpin Gelar Pasukan Oprasi Mantap Brata Telabang 2023-2024.

PANGKALAN BUN – Kapolres Kobar AKBP Bayu Wicaksono memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Telabang 2023-2024 yang di laksanakan di Taman Kota Bundaran Pancasila Pangkanan Bun Kotawaringin Barat (Kobar), Selasa 19 Oktober 2023

Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten I Pemerintahan mewakili Pj Bupati Kobar, unsur Forkopimda, Dandim 1014, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua KPU Kobar, Ketua Bawaslu Kobar, Kepala Dinas Perhubungan Kobar, Kasat Pol PP,Tokoh Agama,Tokom Masyarakat,Tokoh Pemuda,Pejabat Utama Polres Unsur TNI/Polri .

Kapolres dalam sambutannya antara lain mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan amanat dari Kepala Kepolisian Negara Republik (Kapolri).

“Sebagai  bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarpras Operasi Mantap Brata 2023-2024, sehingga Pemilu 2024 diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancer,“ kata Kapolres.

Pemilu 2024 adalah pesta demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi Indonesia dan sekaligus menjadi titik penentuan masa depan bangsa. Hal ini sebagaimana penyampaian Presiden Joko Widodo bahwa “ Tahun 2024 adalah momen politik yang sangat penting, karena kita menyelenggarakan pesta demokrasi terbesar dan secara serentak dalam tahun yang sama. Ini pekerjaan besar yang sangat menentukan masa depan bangsa kita, masa depan Negara kita”.

BACA JUGA:   Bakti Sosial Ramadan 1445 H, Ketua YKB Daerah Polda Kalteng Kunjungi  SLBN 2 Pangkalan Bun

Melihat pentingnya hal tersebut,  lanjut Kapolres maka seluruh komponen Bangsa tentunya harus berpartisipasi penuh guna menyukseskan Pemilu 2024. terlebih lagi, Pemilu 2024 memiliki kompleksitas tersendiri karena dilaksanakan secara serentak dengan rentang waktu yang berdekatan, wilayah yang luas, geografis yang beragam serta melibatkan jumlah pemilih yang besar.

“Oleh sebab itu, guna mengamankan Pemilu 2024 maka Polri didukung TNI, Kementrian/Lembaga, Instansi terkait dan mitra mitra kamtibmas lainnya. Menggelar Operasi Mantap Brata Tahun 2023-2024. Operasi ini dilaksanakan selama selama 222 hari sejak tanggal 19 Oktober 2023 sampai dengan tanggal 20 Oktober 2024 yang diikuti oleh 261.695 personel di seluruh Indonesia guna mengamankan seluruh tahapan Pemilu,“ ucap Kapolres.

Dijelaskannya, Polri juga telah membentuk pola pengamanan sistem wilayah atau zonasi bagi personel korps Brimob Polri DAN Dalmas Nusantara, dimana untuk korps brimob terbagi dalam 4 wilayah sedangkan untuk dalmas Nusantara terbagi dalam 7 zonasi, bukan hanya itu, polri juga menyiapkan 2.000 personel Brimob Power On Hand Kapolri serta 8.500 personel Dalmas Nusantara yang siap di mobilisasi kapan pun dan dimanapun ke seluruh wilayah Indonesia.

BACA JUGA:   Aktif Sebagai Bhabinkamtibmas dan Pengurus Masjid, Kapolda Kalteng Beri Kejutan Berangkatkan Umroh Kepada Aiptu Hartono

Sebagai dukungan terhadap Operasi Mantap Brata 2023-2024, Polri juga menggelar Operasi Nusantara Cooling System 2023-2024 untuk membangun narasi besar “Persatuan dan Kesatuan, serta kemajuan Bangsa diatas kepentingan kelompok” guna mengantisipasi polarisasi akibat berita hoaks, isu sara, Propaganda Firehouse Of Falsehood dan Black Campaign yang dilengkapi dengan satgas Anti Money Politics serta satgas pemilu damai.

Sebagai pusat kendali, koordinasi, komunikasi dan informasi (K31), operasi ini akan didukung oleh Command Center Di Tingkat Mabes Polri sampai dengan Polda Jajaran. Melalui dukungan sarpras modern dan berbagai fitur yang ada, diharapkan command center mampu mengintegrasikan data maupun informasi, sehingga seluruh personel pengamanan di lapangan dapat terorganisir secara terpadu dari pusat hingga daerah.

“Operasi Mantap Brata 2023-2024 tentunya diiringi dengan penguatan strategi komunikasi publik untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, ikut berpartisipasi dalam menjaga stabilitas kamtibmas pada Pemilu 2024, serta agar masyarakat mengetahui berbagai upaya pengamanan yang telah kita lakukan,“ imbuh Kapolres. (Gusti/Man)