Pedagang Kaki Lima Kuasai Trotoar Jalan, Hak Pejalan Kaki kian Tersudut

AHMADJAJULI/BERITASAMPIT - Trotoar yang biasanya digunakan pejalan kaki tampak kumuh karena dikuasai pedagang kaki lima.

CIREBON – Pedagang kaki lima di sepanjang Jalan Fatahillah (Plered-Sumber) menuju ibukota Kabupaten Cirebon makin menjamur.

Trotoar yang seharusnya menjadi hak pengguna pejalan kaki kini banyak yang tertutup setelah dibuat tenda-tenda pedagang.

“Karena dibiarkan tidak ada penanganan dari pihak Satpol PP maka pedagang kaki lima makin menjamur,” kata Herman, pegiat Sosial, Selasa 17 Oktober 2023.

BACA JUGA:   Hari Perempuan Sedunia, Mukhtarudin: Wujudkan Kesejahteraan Perempuan di Semua Aspek Kehidupan

Menurutnya kondisi ini membuat makin kumuh kawasan tersebut, jalan protokol yang seharusnya indah di rusak dengan kondisi pemandangan tersebut.

Kondisi sama juga terlihat disekitar jalan Tuparev, Kecamatan Kedawung. Sepanjang jalan tersebut sebelah kiri dan kanan ruas jalan sudah dibangun trotoar, namun dijadikan sebagai tempat pedagang

Menurutnya pembangunan trotoar yang memakan biaya miliaran rupiah hanya untuk kegiatan pedagang kaki lima saja alias tidak sesuai peruntukannya.

BACA JUGA:   Jakarta Tetap Menjadi Daerah Khusus Meski RI Sudah Pindah Ibukota

Sementara Kepala Dinas Satpol PP saat akan dikonfirmasi tidak ada ditempat, menurut staf kepala dinas sedang ada kegiatan luar. Begitu juga dengan Kabid Penegakan Peraturan Daerah.

(Ahmad Jajuli)