Mantap! BPR Marunting Sejahtera Luncurkan Program Kredit Mikro Baru “Mas Basir“, Diapresiasi Pj Bupati Kobar Sebagai Permodalan Mudah Bagi Pelaku UMKM

IST/BERITA SAMPIT - Didampingi Direktur Bank Marunting, Amoni Hulu dan Bagian Pengawasan OJK Kalteng, Erwan, Pj Bupati Kobar H. Budi Santosa menerima Piagam dari OJK dan Plh. Sekda Kobar Juni Gultom menyerahkan Buku Tabungan ‘Mas Basir’ kepala sejumlah pelaku UMKM. 

PANGKALAN BUN –  Perusahaan Daerah (Perumda) Bank Perkreditan Rakyat(BPR) Marunting Sejahtera Kabupaten Kobar, meluncurkan rogram baru yakni Kredit Mikro yang disebut “Mas Basir”.

Menurut Direktur BPR Marunting Sejahtera, Amoni Hulu usai peluncuran, Sabtu 21 Oktober 2021, singkatan dari Mas Basir adalah  Marunting Sejahtera Bebas dari Rentenit. Tujuannya untuk memberikan dukungan dan memudahkan permodalam kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kotawaringin Barat (Kobar).

“Program baru, Mas Basir” ini diluncurkan, juga sebagai wujud kepedulian BPR Marunting Sejahtera , untuk memberi akses permodalam yang lebih mudan dan cepat pelayanannya kepada para pelaku UMKM , sehingga UMKM di Kobar semakin berkembang “, kata Amoni Hulu.

BACA JUGA:   Kapolres Kobar AKBP Yusfandi Usman Menerima Penghargaan Inspiring Profesional and Leadership Awards 2024 dari Asean Choise

Program baru tersebut  mendapat apresiasi PJ.Bupati Kobar H.Budisantosa, seperti dalam sambutannya pada acara peluncuran antara lain Pj.Bupati Kobar mengatakan, Pemkab Kobar memberikan dukungan penuh terhadap program “Mas Basir” ini.

“Karena produk kredit Mas Basir ini selaras dengan tujuan berdirinya PBPR Marunting Sejahtera dalam penyediaan kredit bagi UMKM di Kobar. Yang bertujuan agar para pelaku UMKM dapat mengembangkan usaha mereka tanpa terperangkap dalam lingkaran pinjaman rentenir serta menghindari pinjaman online yang saat ini semakin marak,” kata Budi Santosa.

Budi Santosa berharap program kredit “Mas Basir” dapat menciptakan sinergi yang kuat dengan pemerintah daerah dan Perhimpunan Pelaku UMKM Kobar.  Selain itu, Budi Santosa juga menekankan pentingnya untuk tetap mematuhi aturan yang telah ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan sebagai salah satu lembaga pengawas perbankan.

BACA JUGA:   Sampaikan LKPJ TA 2023, Pj Bupati Ungkapkan Pertumbuhan Ekonomi di Kotawaringin Barat Semakin Meningkat

“Program kredit mikro “Mas Basir” diharapkan juga akan memberikan dorongan positif bagi para pelaku UMKM di Kotawaringin Barat dan turut memperkuat perekonomian lokal, sehingga kedepanya tingkat perekonomian rakyat di Kobar, semakin berkembang “, ungkap H.Budi Santosa.

Dalam acara peluncuran ‘ Mas Basir ‘, juga dihadiri Kabag Pengawasan OJK Provinsi Kalteng, Erwan, yang diselingi oleh Erwan menyerahkan Piagam dari OJK Kalteng, dan nampak pula Plh.Sekda Kobar Juni Gultom menyerahkan Buku Tabungan “ Mas Basir “, kepada sejumlah perwakilan pelaku UMKM. (Man)