Anggota Komisi IV DPR RI- Badan Karantina Kementerian Pertanian Gelar Bimtek Budidaya Anggur

IST/BERITA SAMPIT - Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Kalimantan Tengah, Bambang Purwanto, dan Badan Karentina Kementerian Pertanian RI menggelar bimbingan teknis budidaya anggur kepada masyarakat dan kelompok tani, Sabtu 21 Oktober 2023.

PANGKALAN BUN – Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Kalimantan Tengah, Bambang Purwanto, berkolaborasi dengan Badan Karantina Kementerian Pertanian RI menggelar bimbingan teknis budidaya anggur kepada masyarakat dan kelompok tani, Sabtu 21 Oktober 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan di Cafe Anggur 27 Jalan Ahmad Yani, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) diikuti oleh ratusan peserta dari enam kecamatan di Kobar serta perserta dari Sampit.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung pemanfaatan budidaya anggur dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat,” kata Bambang Purwanto.

BACA JUGA:   TP PKK Kobar Bagikan Ratusan Bungkus Takjil  kepada Warga

Materi dan praktik yang diberikan saat pelatihan, lanjutnya, berfokus pada pembekalan peserta agar siap untuk memulai budidaya anggur yang sukses. Setiap peserta diberikan satu bibit anggur,sebagai langkah awal mengembangkan budidaya anggur.

“Saya sangat senang sekali, antusias masyarakat di pelatihan kedua ini meningkat pesat sampai ratusan peserta. Untuk itu, saya akan sampaikan kabar baik ini ke pusat, di kementerian, dan saya akan perjuangkan supaya para petani dan pembudidaya anggur ini mendapatkan perhatian khusus dan bantuan yang diperlukan,” ujarnya.

BACA JUGA:   Bakti Sosial Ramadan 1445 H, Ketua YKB Daerah Polda Kalteng Kunjungi  SLBN 2 Pangkalan Bun

Selain itu, Bambang Purwanto juga mengatakan jika budidaya anggur yang baik, memiliki potensi untuk mendukung sektor pariwisata karena anggur merupakan komoditas yang menarik.

“Banyak potensi ekonomi kreatif yang bisa kita kembangkan disana. Untuk itu, saya minta do’a dan dukungan dari masyarakat, kita akan dorong juga supaya Kampung Wisata Anggur ini bisa terealisasi,” pungkasnya. (Gusti)