Habitat Owa-owa masih Bisa Dijumpai di Cagar Alam Pararawen

SYAHYUDI/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya, Achmad Zaini, saat diwawancara awak media.

PALANGKA RAYA – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya, Achmad Zaini mengungkapkan, keberadaan owa-owa masih terjaga dan habitatnya masih bisa ditemui di Barito Utara.

Namun, kata Dia, tentunya dengan adanya alih fungsi kawasan serta adanya pembangun-pembanguan di luar bidang kehutanan yang bisa merubah fungsi habitat owa-owa, sehingga akan mengurangi penyebaran habitat owa-owa.

BACA JUGA:   Simpan Tiga Paket Sabu, Pria di Palangka Raya Ditangkap Polisi 

“Tapi tentunya kita kan ada namanya hutan konservasi, yang disebut Cagar Alam Pararawen namanya di sana dan saat ini kita gunakan untuk pengembangan habitat owa-owa,” ujarnya, Selasa 24 Oktober 2023.

Jadi pengurangan owa-owa lebih kepada habitatnya, karena adanya pembangunan di luar kehutanan alih fungsi kawasan. Bisa jadi misalnya mengenai habitat owa-owa, tentu akan mengurangi populasi habitatnya yang ada.

BACA JUGA:   Beredar Video IRT Diduga Dianiaya Hingga Berlumuran Darah di Menteng, Polisi Belum Terima Laporan Resmi

“Selain itu untuk menyelamatkan itu, yang kita lakukan yakni translokasi yang mana menempatkan habitat owa-owa pada tempatnya,” ungkapnya. (yud)