Pastikan Kenetralitasan Jelang Pemilu, Bawaslu Akan Awasi Media Sosial ASN

SYAHYUDI/BERITA SAMPIT - Ketua Bawaslu kota Palangka Raya Endrawati saat diwawancai usai kegiatan coffe morning.

PALANGKA RAYA – Ketua Bawaslu kota Palangka Raya Endrawati mengatakan, pihak hingga saat ini terus berupaya melakukan sosialisasi dan terus mengingatkan kepada para ASN agar bisa menjaga netralitas.

“Salah satu upaya kita saat ini yakni terus mengingatkan dan mensosialisasikan saling berdiskusi agar para ASN, bisa bersikap netral pada pemilu yang akan datang,” ucapnya, Rabu 25 Oktober 2023.

Selain itu juga nanti dari Bawaslu akan melakukan program yakni pengawasan atau patroli media sosial, seminggu akan dilaksanakan tiga kali mungkin akan melakukan pengecekan media sosial yang dimiliki oleh Asn-asn yang menjadi target bawaslu nanti.

BACA JUGA:   Pj Wali Kota Palangka Raya Berikan Hibah untuk Masjid Agung Kecubung Darurrahman

“Mungkin nanti targetnya ASN yang ada di kota Palangka Raya hingga di provinsi-provinsi, tupoksinya nanti akan kami teruskan kepada bawaslu Provnsi, jadi kami sudah mempunyai progaram tersebut dan memang setiap pemilu kami selalu ada temuan biasanya terhadap PNS atau ASN yang dinilai tidak netral,” tambahnya.

Karena seperti diketahui melike atau menyukai saja itu tidak boleh, dan hingga saat ini bawaslu sudah memberikan surat himbauan kepada tiga instansi karena didalamnya undang-undang, ada tugas bawaslu untuk menyampaikan kepada instansi harus netral pada tahapan kampanye.

BACA JUGA:   Pencarian Korban Tenggelam di Sungai Kahayan Ditutup, Hingga Hari ke Tujuh Belum Ditemukan

“Terkait 3 instansi ini yakni TNI, Polri dan pemerintah kota jadi kami sudah bersurat dan sudah ada surat himbauannya dan sudah kami ingatkan jadi apabila kami sudah mengingatkan namun ada yang melanggar, bukan salah kami jika nanti kami menindak meski bukan kami yang memberikan sanksi, tapi kami merekomendasikan kepada pejabat yang berwenang, kita berharap terkait pelanggaran nanti semoga tidak ada temuan,”ungkapnya.(yud)