Mukharudin Apresiasi Pemprov Kalteng Petakan Stok Pangan Hadapi Natal-Tahun Baru

Anggota DPR RI dari fraksi Golkar Dapil Kalimantan Tengah Mukhtarudin

JAKARTA– Anggota DPR RI Mukhtarudin mengapresiasi Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) yang mulai memetakan ketersediaan dan pasokan pangan menghadapi natal dan tahun baru pada Desember 2023.

Menurut Mukhtarudin, memetakan pasokan pangan tersebut merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah daerah (Pemda) Kalimantan Tengah yang secara konkret menyiapkan ketersediaan kebutuhan pangan masyarakat di Wilayah setempat.

“Ya tentu kita apresiasi Pemda Kalteng, dengan memetakan pasokan pangan itu bisa menjamin stok pangan hingga akhir Desember 2023,” tandas Mukhtarudin Kamis 2 November 2023.

Kendati demikian, politisi Golkar Dapil Kalimantan Tengah ini mendorong pusat dalam hal ini Kementerian Perdagangan/Kemendag bersama Dinas Perdagangan melakukan operasi pasar secara rutin guna menstabilkan kembali harga pangan di pasaran sesuai dengan ketentuan harga eceran tertinggi.

BACA JUGA:   Banggar DPR RI: Ramadan Jadi Katalisator Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Artinya, lanjut Mukhtarudin, Pemerintah dalam hal ini Kemendag harusnya terus meningkatkan pengawasan terhadap pedagang, agen, maupun distributor yang menyalurkan dan menjual bahan pangan, termasuk cabai.

“Guna memastikan tidak ada pihak yang memainkan harga guna mengambil keuntungan pribadi semata,” pungkas Mukhtarudin.

Diketahui, Direktur Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (Bapanas) Maino Dwi Hartono, di Palangka Raya Kalimantan Tengah mengatakan pemerintah setiap saat terus menjaga keamanan pangan.

BACA JUGA:   Integrasi Tiktok Tokped Untungkan UMKM, Ini Kata Anggota Komisi VI DPR RI

“Tetapi memang jelang natal dan tahun baru, kita mengantisipasi adanya potensi peningkatan permintaan dari masyarakat berkaitan pangan,” kata Maino Dwi Hartono.

Maino mengatakan bahwa pemerintah pusat melalui Bapanas terus meningkatkan koordinasi bersama pemerintah daerah di Kalteng, baik pemerintah provinsi maupun kabupaten dan kota.

“Bersama-sama, kami berupaya meningkatkan ketersediaan pangan, memastikan distribusi aman, hingga menjaga stabilitas harga di pasaran,” ujarnya di sela rapat koordinasi pengendalian inflasi tingkat Provinsi Kalteng pada 2023, Rabu 1 November 2023.

(adista)