Keberadaan Hutan Konservasi Memberikan Manfaat yang Sangat Penting

IST/BERITA SAMPIT - Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sri Widanarni

PALANGKA RAYA – Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sri Widanarni menyampaikan ucapan terima kasih setinggi-tingginya kepada Direktur Jenderal beserta jajaran Kementerian LHK, atas ditunjuknya Taman Wisata Alam Bukit Tangkiling di Palangka Raya sebagai lokasi penyelenggaraan Puncak Hari Konservasi Alam Nasional Tahun 2023.

Kalimantan Tengah sebagai Provinsi terluas di Indonesia, dengan kekayaan Sumber Daya Alam melimpah, memiliki luas wilayah 15,3 juta hektar, terdiri dari 77,62 persen atau 11,9 juta hektar merupakan Kawasan hutan, dengan proporsi terluas adalah hutan produksi seluas 8,95 juta hektar, Hutan Lindung 1,35 juta hektar serta Hutan konservasi seluas 1,62 juta hektar.

“Keberadaan hutan konservasi yang cukup luas ini, telah memberikan manfaat yang sangat penting, tidak hanya bagi keberlangsungan kehidupan satwa liar, tumbuhan, dan ekosistemnya, namun juga telah menjadi ikon destinasi wisata alam,” ucapnya saat hadiri Pembukaan Jambore Konservasi Alam dan Pameran UMKM Tahun 2023, dalam rangka peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN), yang dipusatkan di Taman Wisata Alam Bukit Tangkiling, Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah, Senin 6 November 2023.

BACA JUGA:   Gubernur Kalteng Gratiskan Makanan di Pasar Ramadan

Taman Nasional Tanjung Puting dan Taman Nasional Sebangau dengan keragaman flora dan fauna, terutama orang utan serta hamparan luas hutan rawa gambut, dan banyak lagi kawasan konservasi yang menawarkan potensi wisata, yang tentunya dapat menumbuhkan aktifitas ekonomi dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya.

Ia menambahkan, melalui Jambore Konservasi Alam Nasional yang diikuti kalangan generasi muda, baik pramuka saka wana bakti, kader konservasi, pelajar dan pencinta alam, diharapkan dapat menjadi wadah untuk berbagi pengalaman dan bertukar pikiran sesuai peran yang sudah dijalankan selama ini.

BACA JUGA:   Gubernur Kalteng Akan Salurkan Bantuan Sembako Gratis, Sugianto Sabran: Harus Sampai Kepada Orang yang Berhak Menerima

“Sehingga dapat menumbuhkan motivasi untuk menerapkan kaidah-kaidah konservasi alam dalam aktifitas sehari-hari, dan yang paling penting bisa menjadi contoh di lingkungan kerja, organisasi, lingkungan pendidikan  atau di tengah-tengah masyarakat,” lugasnya.

Selain itu, melalui pameran konservasi ini juga, harapannya menjadi ajang untuk menampilkan capaian pembangunan di bidang konservasi, maupun produk-produk usaha yang terkait, dan pada akhirnya mendorong pelibatan pelaku usaha UMKM untuk menjajaki peluang-peluang usaha di bidang kehutanan. (Hardi)