Acara Ulang Tahun STI Kobar Ke- 3, Penuh Dengan Sensasi Mendorong Bangsa Indonesia Sehat

GUSTI/BERITA SAMPIT - Suasana HUT STI Kabupaten Kobar yang digelar di Gedung DPRD Kobar,Nampak Ketua STI Kobar Irawati saat mempotong Tumpeng HUT STI Ke 3 dan saat menyerahpak Piagam ke Ketua DPRD Kobar (yang diwakilinya ).

PANGKALAN BUN,- Bertempat di Gedung DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), salah satu organisasi khusus senam yang telah men-nasional di Indonesia,

yakni Senam Tera Indonesia ( STI ) Kabupaten Kobar, pada saat memperingati Hari Ulang Tahunnya yang ke- 3 di Minggu, 12 November 2023 ternyata penuh dengan sensai sejarah yang mendorong Bangsa Indonesia bisa menjadi ‘Sehat’ jasmani maupun rohaninya.

Buktinya, Ketua STI Kabupaten Kobar , Irawati dalam sambutannya saat mengupas historis berdirinya STI di Kabupaten, penuh dengan sensasi lantaran berdirinya STI Kabupaten Kobar,  tidak sembarangan asal membentuk kelompok atau organisasi.

“ Pada tahun 1985, saat kami dengan teman-teman olahraga  pagi jalan sehat, bertemu dengan Bapak Bambang Sutomo, yang waktu itu beliau salah satu fakar olah raga senam “, kata Irawati dalam pidato sambutannya, saat mengungkap historis awal berdirinya STI Kabupaten Kobar.

Kemudian lanjut Irawati, saat itu besama teman-temannya dia meminta kepada Bapak Bambang Sutomo untuk mengajari ilmu olahraga yang bisa membangkitkan tenaga baru dari dalam tubuh  ( tenaga dalam.red ) “, kata Irawati dihadapan Ketua Koni Kobar, Ketua DPRD diwakili Kabid Sekwan, Kadis Dispora dan tamu undangan lainya.

Pada 1 September 1988, Bapak Bambang Sutomo bersama 6 orang lainnya berangkat ke Hongkong untuk belajar ilmu tenaga dalam daru Guru Besar asal Shianghay Prof.Dr. Lin Hou Shen. Setelah 10 hari di Hongkong Pak Bambang Sutomo, membawa banyak ilmu diantaranya 18 jurus ThaichiQiKung dan sempat dipraktekan di Monas Jakarta.

BACA JUGA:   Personel  Tim Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Kobar Siaga Penuh Selama Ramadan

Pada 12 November 1985, didirikan Group Taichi Qikung di Pantai Mutiara Pluit Jakarta. Dan tanggal ini ( 12 Novmber ) menjadi Hari lahirnya Senam Tera Indonesia (STI).

” Kemudian Pak Bambang Sutomo waktu itu mengajarkan 25 jurus Senam Persendian. Namun, sesuai dengan intruksi Presiden Nomor 16 tahun 1967, definisi QiKung, dirubah menjadi Senam Pernapasan “, ungkap Irawati.

Lanjut Irawai, yang semula Pak Bambang Sutomo mengajarkan 25 jurus Thaichi QiKung , karena sesuai dengan SK Presiden tersebut, maka diciutkan menjadi 18 jurus, dengan nama jurus senam pernapasan Thaichi.

“ Nah, sejak itulah senam pernapasan Thaichi teru berkembang pesat di Indonesia, dan April 1986 resmi dibentuk Yayasan Pusat Senam Pernapasan Thaichi Indonesia, dan Pak Bambang Sutomo waktu itu langsung menghadap Mentri Pemuda Abdul Gafur untuk melaporkan berdirinya  Yayasan tersebut “, papar Irawati.

31 Desember 1986, Menpora dr.Abdul Gafur membentuk Tim Evaluasi terhadap keberadaan Senam Persendian dan Senam Pernapasan, yang diolah Bambang Sutomo. Yang hasilnya, sangat memuaskan antara lain untuk mendorong dan membangkitkan Bangsa Indoesia Sehat.

“ Maka pada 1 Januari 1987 berkat restu dari Bapak Presiden Soeharto, dr.Abdul Gafur memberi nama Senam Tera Indonesia, sebagai gabungan dari Senam persedndian dan senam pernapasan Taichi. Menyusul pada 13 Maret 1987 Menpora Bapak dr.Abdul Gafur mensosialisasikan secara resmi Senam Tera Indonesia, kepada masyarakat. Itulah perjalanan yang cukup panjang berdirinya Senam Tera Indonesia  “, pungkas Irawati.

BACA JUGA:   Gempa di Tuban Terasa Hingga Kotawaringin Barat

Seraya menambahkan di Kabupaten Kobar sendiri STI barui berdiri selama 3 tahun. “ Dan sekarang perayaan HUT Ke-3 berdirinya STI di Kabupatn Kobar, yang Alhamdullilah anggotanya sudah mencapai sebanyak  333 anggota “, imbuh Irawati.

Perlu diketahui, senam tera ini adalah latihan fisik dan mental, memadukan gerakan bagian-bagian tubuh dengan tehnik dan irama pernapasan melalui pemusatan pikiran yang dilaksanakan secara teratur, serasi, benar dan berkesinambungan.

“ Juga senam tera bersumber dari senam pernapasan Tai Chi,yakni senam yang mempunyai dasar pernapasan dipadukan seni di indonesia dikombinasikan dengan perengangan dan persendian jadilah sebagai olahraga kesehatan. Kalimat Tera, sendiri berasal dari “Terapi” yang mempunyai arti penyembuhan atau pengobatan, bersipat pencegahan dan mempunyai sifat penyembuhan berbagai penyakit “, jelas Irawati.

Acara Ulang Tahun STI Kobar yang ke -3 diakhiri dengan pemotongan tumpeng dan pemberian tanda penghargaan dari STI kobar kepada beberapa intansi yang telah memberikan pasilitas untuk anggota STI kobar melakukan kegiatan senam dan pelepaskan balon ke udara oleh ketua STI Kobar,Irawati bersama Ketua Koni kobar,Hj.Nurhidayah.(Gusti/Man).