Kuasai TIK, Bahasa Asing dan Keunggulan Lainnya Untuk Bersaing di Dunia Kerja dan Usaha

NARDI/BERITA SAMPIT- Pelaksana Tugas Kadisdik Kotim M Irfansyah saat menyampaikan sambutan acara Wisuda ke-I Umsa.

SAMPIT – Sebanyak 108 wisudawan Universitas Muhammadiyah Sampit (Umsa) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) yang diwisuda pada Kamis 16 November 2023.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kotim M Irfansyah menyampaikan selamat kepada wisudawan Umsa yang telah berhasil menempuh proses pendidikan dan pembelajaran dengan baik, sehingga berhak menyandang gelar Sarjana dan Ahli Madya sesuai program studi masing-masing.

Keterampilan menguasai teknologi infomasi komunikasi (TIK), bahasa asing dan keunggulan- keunggulan lainnya sangat dibutuhkan bersaing di dunia kerja maupun usaha.

“Oleh karena itu ijazah dan pengetahuan teoritis yang didapat di masa studi bukanlah jaminan untuk dapat memperoleh pekerjaan ataupun berwirausaha dengan mudah,” ungkapnya.

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini menuntut semua pihak untuk senantiasa peka dan sigap terhadap beragam kemampuan dan keahlian yang sangat dibutuhkan dalam bekerja dan berkarya.

BACA JUGA:   Komitmen Tanpa Batas, BPJS Kesehatan Berikan Layanan JKN Selama Libur Lebaran

Namun dirinya yakin bahwa wisudawan – wisudawati Umsa telah memiliki dan dibekali suatu keunggulan yang dapat dibanggakan. Mulai dari magang I, II, dan III si sekolah sampai Kuliah Kerja Nyata (KKN) bagi mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Juga pembelajaran 40 persen teori dan 60 persen praktik, serta Praktik Kerja Lapangan (PKL),

Ujian kompetensi bagi mahasiswa kebidanan telah memberikan bekal yang sangat bermakma bagi wisudawan/ wisudawati.

Sehingga siap bertindak dinamis dan memanfaatkan segala peluang untuk terjun ke dunia kerja, menciptakan lapangan kerja, maupun berwirausaha, sekaligus turut berpartisipasi dalam membangkitkan optimisme dan dinamisme baru di tengah pesatnya kemajuan daerah.

Kesuksesan telah menempuh pendidikan di Universitas tersebut dapat membawa kebahagiaan, semangat, dan motivasi baru untuk segera mengaplikasikan ilmu yang diperoleh seraya mengabdikan diri kepada agama, masyarakat, bangsa dan negara, atau melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

BACA JUGA:   Korban Tenggelam di Sungai Mentaya Belum Ditemukan, Tim Gabungan Lakukan Pencarian Hingga Radius Lima Kilometer

“Selamat kepada para wisudawan-wisudawati, selamat kapada bapak/ibu orang tua yang hebat, telah mengantarkan dan mendampingi anaknya sampai menyelesaikan pendidikan dan menjadi Sarjana Pendidikan maupun Ahli Madya Kebidanan,” ucapnya.

Tak lupa ia memberikan selamat kepada Umsa selamat atas wisuda pertamanya ini, tentu akan menyusul wisuda-wisuda berikutnya, yang semakin banyak dan semakin meriah.

Adapun jumlah mahasiswa yang diwisuda pada hari tersebut yaitu dari Fakultas Kesehatan sebanyak 27 orang, dengan program studi D3 Kebidanan, dari Fakultas Pendidikan sebanyak 81 orang, terdiri dari dari program studi Pendidikan Bimbingan Konseling (BK) 8 orang, Pendidikan Ekonomi 52 orang, Pendidikan Bahasa Inggris 6 orang dan Pendidikan Matematika 15 orang. (Nardi)