Dinas Ketahanan Pangan-FKIP Universitas Palangka Raya Gelar Gerakan Pangan Murah

IST/BERITA SAMPIT - Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Tengah bersama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Palangka Raya (UPR), menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM), Senin 4 Desember 2023.

PALANGKA RAYA – Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Tengah bersama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Palangka Raya (UPR), menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) pada Senin, 4 Desember 2023 kemarin.

Kegiatan itu bertempat di halaman FKIP tersebut merupakan program pelayanan kepada masyarakat untuk dapat berbelanja bahan pokok dengan harga yang sangat terjangkau. Selain itu bertujuan dalam rangka menjaga stabilisasi harga serta menekan terjadinya inflasi terhadap komoditas pangan.

Dekan FKIP UPR Dr. Rinto Alexandro, SE, MM, disela-sela meninjau stand penjualan GPM, menyambut baik dan mengapresiasi digelarnya GPM tersebut.

BACA JUGA:   Satpol PP Palangka Raya Siap Amankan Hari Paskah Nasional 2024

“FKIP UPR sangat mendukung dan siap untuk turut berkolaborasi dalam hal menjaga ketahanan pangan bagi masyarakat pada umumnya,” kata Rinto.

Dekan berharap, GPM yang digelar Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Tengah bersama dengan FKIP UPR, dapat turut menekan lonjakan harga komoditas di pasar. Terlebih menjelang Natal 2023 dan menyambut Tahun Baru 2024.

“Sementara bagi FKIP itu sendiri maka GPM ini setidaknya bisa mendorong kemandirian bagi para mahasiswa untuk memiliki jiwa berwirausaha. Terutama dalam hal berkontribusi bagi ketahanan pangan daerah,” harapnya.

Adapun berdasarkan rilis dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Tengah, menyebut bahwa sinergitas, kolaborasi antar pemda, TPID provinsi, TPID kabupaten/kota, satgas pangan provinsi dan satgas pangan kabupaten/kota serta perguruan tinggi sudah berjalan baik, dalam hal menjaga kestabilan harga maupun ketersediaan komoditas pangan.

BACA JUGA:   Kedaulatan Pangan Harus Dimulai Dari Swasembada Pangan

Sedangkan terkait komoditas pangan yang dijual dalam GPM di antaranya, beras premium Rp60.000/5 kg, beras SPHP Rp55.000/5 kg, gula pasir Rp16.000/kg, bawang merah Rp25.000/kg, bawang putih Rp30.000/kg, minyak goreng botol Rp15.500/ltr, minyak goreng kita Rp14.000/ltr, minyak goreng fortune Rp16.000/ltr, telur ayam ras Rp50.000/baki.

(Syauqi)