Jelang Akhir Tahun Dinsos Kotim Akan Gelar Razia Penyakit Masyarakat-Gepeng

NARDI/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas Sosial Wiyono saat diwawancarai.

SAMPIT – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) akan kembali melaksanakan razia gelandangan pengemis serta penyakit masyarakat menjelang akhir tahun atau pada Desember 2023.

“Operasi penyakit masyarakat (Pekat) dilakukan bersama dengan Satpol PP, Kepolisian,” kata Kepala Dinsos Kotim Wiyono, Rabu 6 Desember 2023.

Dinsos sebelumnnya juga sudah memggelar operasi pekat disejumlah penginapan dan hotel, hal tersebut bertujuan untuk memberantas perilaku melanggar norma-norma di masyarakat.

BACA JUGA:   Polisi Ringkus Spesialis Curanmor di Sampit yang Resahkan Warga

“Selain itu juga akan dilakukan razia terhadap gelandangan dan pengemis, saat ini pengemis tidak ada lagi di lampu merah, namun mereka sekarang banyak keliling di rumah makan, nanti akan kami tertibkan,” ungkapnya.

Karena ia menyebutkan keberadaan gepeng sudah mengganggu ketertiban, pengunjung juga tidak nyaman, serta ada peraturan daerah tentang hal itu.

BACA JUGA:   Bekas Dermaga Gudang Gembor Sampit Dikeluhkan Warga Sering Digunakan Pesta Miras dan Mesum Pasangan Sejoli

Nantinya mereka yang tertangkap akan dibina dan diberikan pelatihan atau bimbingan sehingga tidak lagi mengemis atau mengamen, karena fasilitas Rumah Singgah sudah akan diresmikan.

“Rumah singgah akan diresmian rencananya 11 Desember 2023 untuk menampung mereka dan dilakukan pembinaan kepada mereka,” pungkasnya. (Nardi)