Rumah Singgah Dinas Sosial Kotim Akan Diresmikan Pekan Depan

NARDI/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas Sosial Kotim Wiyono saat di Rumah Singgah Jalan S Parman Sampit 

SAMPIT – Rumah Singgah Dinas Sosial (Dinsos) yang terletak di Jalan S Parman Sampit rencananya akan diresmikan pada Senin 11 Desember 2023 mendatang.

Kepala Dinsos Kotim Wiyono menyampaikan rumah singgah diperuntukan untuk para gelandangan pengemis (gepeng) yang terjaring razia penertiban, sebagai penampungan sementara.

“Selama ini penampungan untuk mereka singgah belum ada sehingga menyulitkan kami membina mereka, nantinya mereka ingin pulang kampung maka kita pulangkan, gratis,” kata Wiyono saat meninjau rumah singgah, Rabu 6 Desember 2023.

BACA JUGA:   Tidak Hanya Dari Elit Politik, PKS Sebut Sejumlah Nama Birokrat Berpeluang Maju di Pilkada Kotim

Bangunan tersebut juga untuk mereka tinggal sementara untuk dipulangkan ke kampung halaman.

Ia menyampaikan dengan luasan bangunan sekitar 400 meter persegi, sedangkan luas lahan 35 x 25 meter dapat menampung sekitar 15 orang, mereka diberikan fasilitas tempat tidur yang layak serta makanan dan minuman ditanggung Dinsos.

“Para gepeng tersebut juga dibina dan diarahkan untuk mendapatkan pelatihan kerja, bisa melalui dinas-dinas terkait misalnya Dinas Ketenagakerjaan atau Dinas Koperasi UMKM dan lainnya,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Sejumlah Orang Terluka saat Kebakaran, Satu Harus Operasi

Dirinya berharap dengan adanya rumah singgah itu dapat menampung para gepeng ditempat yang layak dan memanusiakan mereka serta dibina agar tidak kembali ke jalan dan mendapatkan pekerjaan serta hidup yang lebih layak.

Dulunya bangunan tersebut adalah Kantor Pengadilan Agama, kemudian dialihfungsikan di renovasi pengerjaan mencapai waktu sekitar tiga bulan hingga bangunan tersebut menjadi rumah singgah. (Nardi)