Dorong Pemkab ciptakan produk Unggulan

IST/BERITASAMPIT - Anggota DPRD Barito Utara, H Benny Siswanto.

MUARA TEWEH – Anggota DPRD Barito Utara mendorong pemerintah daerah setempat untuk dapat menciptakan produk unggulan yang memiliki ciri khas daerah. Didalam penciptaan produk unggulan daerah itu, dewan menyarankan agar pemerintah bisa lebih fokus ke salah satu sektor terlebih dahulu apakah itu kerajinan tangan, perikanan dan lainnya.

hal tesebut diutarakan oleh H Benny Siswanto. Menurutnya dalam menciptakan produk unggulan daerah hendaknya dilakukan secara bertahap oleh pemerintah daerah.

BACA JUGA:   Dewan Harapkan Sikap Toleransi Antar Umat Beragama di Katingan Tetap Terjaga dengan Baik

“Sebaiknya dalam penciptaan produk unggulan daerah dilakukan satu persatu, jangan langsung sekaligus. Tujuannya agar lebih terukur dan terkontrol,” tuturnya, Jumat 8 Desember 2023.

Misalkan kata dia, tahun ini dianggarkan dana sebesar Rp10 miliar untuk menciptakan produk unggulan di bidang sektor perikanan daerah.

Dari anggaran sebesar itu, pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian, Perikanan dan  peternakan atau Distankanak bisa membina perikanan yang ada di daerah hingga berhasil, sehingga masyarakat Barito Utara tidak lagi mendatangkan ikan dari luar daerah untuk memenuhi kebutuhan konsumsi.

BACA JUGA:   Dewan Kotim Sarankan Simpang Sebabi Menjadi Kelurahan

“Terus terang sewaktu banyak perusahaan-perusahaan di daerah ini, banyak ikan-ikan yang masih didatangkan dari luar daerah. Coba tahun ini kita fokuskan dulu ke salah satu sektor sampai berhasil, baru fokus ke yang lainnya,” kata dia. (Iskandar).