Kuasai Bahasa Asing, UMKM Binaan DAD Kalteng Layani Pembeli dari Mancanegara

IST/BERITA SAMPIT - Suasana Pameran Indonesia Tourism & Trade Investmen di Bali.

PALANGKA RAYA – Di bawah binaan Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng, selain dapat produksi berbagai kerajinan khas Kalteng yang bernilai jual tinggi, pelaku UMKM tersebut juga kuasai beberapa bahasa asing, sehingga tidak canggung dalam melayani pembeli dari mancanegara.

Seperti Melinda Tarung selaku owner Mell’s Galery yang fasih berbasa Jerman dan Inggris. Kemudian Adel dari UEI yang fasih berbahasa Inggris, Zaky bahasa Belanda dan Inggris serta Yadin yang lancar berbahasa Inggris. Pada Pameran Indonesia Tourism & Trade Investmen di Bali, pengunjung stand DAD Kalteng sebagian besar adalah turis asing atau dari mancanegara.

“Kita memang mau tidak mau harus belajar, karena bahasa internasional adalah Inggris. Kemudian kita juga untuk mendukung program DAD Kalteng agar UMKM Kalteng go internasional,” kata Melinda Tarung, Minggu 10 Desember 2023.

BACA JUGA:   Evaluasi Perkembangan dan Penerapan Demokrasi, Kesbangpol Kalteng Gelar FGD

Melinda menyampaikan apresiasi kepada DAD Kalteng, khususnya Ketum Agustiar Sabran yang terus memberikan support kepada UMKM Kalteng ikutserta dalam berbagai kegiatan pameran. Mell’s Galery merupakan salah satu UMKM yang produksi berbagai produk berbahan dasar purun khas Dayak Kalteng.

“Kita sangat berterima kasih karena DAD Kalteng, khususnya Pak Ketum Agustiar Sabran yang terus memberikan support agar UMKM Kalteng naik kelas dan go internasional. Ini sangat membantu kami dalam memasarkan produk,” ucapnya.

Produk UMKM kalteng binaan DAD yang dipasarkan pada Expo Bali beragam, mulai dari tas, sepatu, topi hinga pernak pernik suku Dayak yang bahan dasarnya dari kekayaan alam Kalteng.

BACA JUGA:   Masyarakat Diminta Jaga Kebersihan Lingkungan Cegah Penularan DBD

“Setelah DAD Kalteng sukses ikutserta Inacraft Oktober 2023 di Jakarta, kita kembali mendapat undangan expo di Bali. Alhamdulillah Pak Ketum memberikan support, sehingga kita bisa kembali memperkenalkan dan memasarkan produk Kalteng di tingkat nasional maupun internasional,” kata Koordinator Rombongan DAD Kalteng Nataliasi.

Keikutsertaan DAD Kalteng bersama UMKM binaan pada Expo Bali, membuka peluang produk Kalteng dipasarkan di Bali dan juga go internasional. “Harapan kita UMKM binaan DAD Kalteng ini dapat naik kelas dan go internasional. Dan kita juga mendapat peluang bagus dengan kegiatan ini,” pungkasnya. (Hardi)