Penjabat Bupati Pulpis Hadiri Penanaman Padi IR Nutri Zinc di Desa Belanti Siam

IST/BERITA SAMPIT - Penjabat Bupati Pulang Pisau Hj Nunu Andriani bersama Kadis Pertanian, Holtikultura dan Peternakan Kalteng, Hj Sunarti dan Forkopimda menyaksikan penanaman padi varietas IR Nutri Zinc di Desa Belanti Siam, Sabtu 23 Desember 2023.

PULANG PISAU – Penjabat (Pj) Bupati Pulang Pisau Hj Nunu Andriani bersama Kepala Dinas Pertanian Holtikultura dan Peternakan Kalimantan Tengah, Hj Sunarti, Ketua DPRD Kabupaten Pulang Pisau H Ahmad Rifai, Kapolres Pulang Pisau AKBP Mada Ramadita, Pabung 1011/KLK, dan sejumlah Kepala OPD, Camat Pandih Batu menghadiri sekaligus menyaksikan penanaman padi Varietas Inpari IR Nutri Zinc di Desa Belanti Siam, Sabtu 23 Desember 2023.

Pj Bupati Pulang Pisau Hj Nunu Andriani mengatakan kegiatan penanaman padi Varietas Inpari IR Nutri Zinc dengan maksud untuk merealisasikan program pemerintah di daerah yakni Kabupaten Pulang Pisau dalam rangka penanganan stunting.

Pj Bupati menjelaskan bahwa stunting atau kekerdilan disebabkan salah satu faktor antara lain kekurangan Zn dalam tubuh.

”Selain itu kurang Zn berakibat menurunnya daya tahan tubuh, produktifitas, dan kualitas hidup manusia, ” kata Pj Bupati Pulang Pisau Hj Nunu Andriani

Lebih lanjut disampaikan Kementerian Pertanian dalam hal ini Litbang Pertanian bahwa Biofortifikasi pada Inpari IR Nutri Zinc diharapkan dapat membantu peningkatan nilai gizi, sekaligus mengatasi kekurangan gizi besi pada masyarakat.

BACA JUGA:   Pembangunan Jalan Tumbang Nusa untuk Hindari Terputusnya Perekonomian Masyarakat Kalteng-Kalsel

”Gaya hidup sehat yang terus berkembang mendorong kian tingginya kebutuhan masyarakat akan pangan sehat, ” tambahnya

Berkembangnya ilmu dan teknologi, kata Hj Nunu, membuat fungsi nasi pun bergeser, bukan hanya sumber karbohidrat namun sekaligus fungsi kesehatan.

Hj Nunu jug menyampaikan bahwa gambaran kegiatan pengembangan padi Nutri Zinc Tahun 2024 di Kabupaten Pulang Pisau, dari bantuan APBN akan ada pengembangan seluas 500 Ha dan pengembangan padi Nutri Zinc seluas 10 Ha dari Anggaran APBD Kabupaten Pulang Pisau.

”Hal ini merupakan bentuk keseriusan pemerintah di bidang pertanian untuk pengembangan padi Varietas Nutri Zinc,” tandasnya

Pemerintah kata Hj Nunu, berharap agar kelompok tani atau petani yang mendapat bantuan untuk pengembangan padi Nutri Zinc di tahun 2024 dapat dengan serius melaksanakan budidaya padi sehingga dapat memberikan hasil padi yang berkualitas dan produktivitas yang tinggi sesuai deskripsi padi ini.

BACA JUGA:   Pembangunan Jalan Tumbang Nusa untuk Hindari Terputusnya Perekonomian Masyarakat Kalteng-Kalsel

Pj Bupati menambahkan bahwa kegiatan hari ini merupakan momentum bersama agar kita mempunyai komitmen untuk dapat mengembangkan Padi Nutri Zinc di Kabupaten Pulang Pisau, terutama di daerah sentra pengembangan padi yang selanjutkan menunjukkan bahwa kita memiliki kepedulian yang tinggi terhadap mewujudkan membantu Masyarakat yang kurang gizi.

”Saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat petani atas jerih payahnya untuk mendukung pembangunan pertanian di Kabupaten Pulang Pisau. Ke depan, saya tetap mengharapkan kita semua yang berkecimpung di bidang pertanian baik petani, penyuluh, petugas teknis pertanian dan siapa saja yang terlibat agar tetap saling bahu membahu untuk meningkatkan kesuksesan Pembangunan pertanian di Kabupaten Pulang Pisau,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kalimantan Tengah atas dukungan pelaksanaan program dan kegiatan pertanian yang telah dialokasikan di Kabupaten Pulang Pisau. (Denny)