Kesbangpol Pulang Pisau Ajak Ormas Ciptakan Pemilu Damai

IST/BERITA SAMPIT - Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pulang Pisau, Sugondo.

PULANG PISAU – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah, Sugondo, Kamis 10 Januari 2024, mengajak seluruh organisasi masyarakat (Ormas) yang ada di kabupaten setempat untuk bisa menciptakan situasi yang aman bagi setiap anggotanya agar selama pesta demokrasi di Pemilu 2024 tidak terjadi perpecahan terhadap sesama.

Sugondo menjelaskan, setiap Ormas yang tergabung wajib harus menjunjung tinggi mempertahankan kesatuan. Setiap Ormas harus bisa menjalankan sesuai tupoksinya masing-masing, seperti mensosialisasikan kepada anggotanya agar tidak ada isu SARA yang menimbulkan konflik.

Lanjut dijelaskannya, Kesbangpol sebagai badan yang menangani politik yang didalam terdapat Indikator Kinerja Utama (IKU) tentunya wajib melakukan pengawasan kepada masyarakat. Sosialisasi dan pengawasan terus kita lakukan meskipun tidak sepenuhnya karena yang berhak memberikan sosialisasi itu penyelenggara Pemilu sendiri.

BACA JUGA:   Pembangunan Jalan Tumbang Nusa untuk Hindari Terputusnya Perekonomian Masyarakat Kalteng-Kalsel

Sugondo mengatakan, dalam pesta demokrasi ini Kesbangpol juga ikut terlibat sehingga dorongan untuk menciptakan suasana politik damai wajib ditegakkan. Diantaranya memberikan sosialisasi kepada masyarakat melalui pendidikan politik dini. Pendidikan politik dini ini dilakukan agar generasi muda maupun masyarakat tidak Golput saat berlangsungnya Pemilu.

Sugondo mengingatkan, tentunya peran Ormas yang ada di kabupaten setempat juga sangat mempengaruhi dan harus bisa menciptakan situasi yang kondusif. Kesbangpol setempat hingga saat ini terus berupaya mencegah terjadinya konflik dengan melakukan deteksi dini, cegah dini, dan penanganan dini sehingga apabila terjadi konflik tidak melebar bahkan berujung anarkis yang bisa menimbulkan kerugian di tengah masyarakat.

BACA JUGA:   Pembangunan Jalan Tumbang Nusa untuk Hindari Terputusnya Perekonomian Masyarakat Kalteng-Kalsel

Sugondo berharap, pesta demokrasi Pemilu 2024 di Kabupaten Pulang Pisau bisa berjalan aman, lancar, dan kondusif. Selain itu tentunya setiap Ormas bisa saling mengingatkan sesama anggotanya untuk terus melakukan sosialisasi Pemilu yang damai. (Denny)