17 Desa di Pulang Pisau Terima Bantuan Mesin Pertanian dari Komisi IV DPR RI

DENNY/BERITA SAMPIT - Para petani penerima bantuan Alsintan bersama anggota DPR RI Bambang Purwanto.

PULANG PISAU – Anggota Komisi IV DPR RI Bambang Purwanto menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani di 17 desa di Kabupaten Pulang Pisau. Ke-17 kelompok tani ini binaan Dinas Pertanian setempat.

Penyerahan bantuan berlangsung di kantor Dinas Pertanian Pulang Pisau, Jalan Mentaren Kecamatan Kahayan Hilir, Jumat 19 Januari 2024.

Bambang Purwanto saat dimintai keterangan, mengatakan Alsintan ini untuk mempermudah dan meningkatkan produktivitas kerja petani dalam mengelola pertaniannya.

“Hari ini saya menyerahkan alat mesin pertanian termasuk juga combine. Penyerahan alat ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja petani dalam mengelola pertaniannya. Selain itu juga, di era teknologi para petani bisa memproduksi, mendapatkan hasil yang lebih baik dengan didukung oleh teknologi,” ujar Bambang.

BACA JUGA:   Pembangunan Jalan Tumbang Nusa untuk Hindari Terputusnya Perekonomian Masyarakat Kalteng-Kalsel

Bambang juga menyampaikan salah satu persoalan saat ini adalah para petani masih terbatas dalam menggunakan alat pertanian yang canggih. “Sehingga saya selalu anggota DPR RI Komisi IV berusaha untuk memenuhi dan memberikan alsintan tersebut secara bertahap demi majunya pertanian,” katanya.

“Selain pembagian alat pertanian, kita juga melakukan bimbingan teknis dalam memberikan pengetahuan kepada petani terkait pengelolaan. Mulai dari cara mengendalikan hama karena saat ini banyak sekali varian hama yang menyerang pertanian. Selain itu juga kami membangun kaum milenial agar tertarik untuk bertani, demi keberlanjutan pertanian,” pungkasnya.

BACA JUGA:   Pembangunan Jalan Tumbang Nusa untuk Hindari Terputusnya Perekonomian Masyarakat Kalteng-Kalsel

Adapun 17 desa yang mendapatkan bantuan Alsintan, Wono Agung, Belanti Siam, Gandang, Garantung, Sidodadi, Purwodadi, Bereng, Pilang, Mintin, Jabiren, Talio Hulu, Pangkoh Sari, Sanggang, Pantik, Gadabung, Muliasari, dan Simpur. (Denny)