Peningkatan Peran BUMD Dalam Menggerakkan Roda Perekonomian

IST/BERITA SAMPIT - Kegiatan seminar BUMD di Balroom Hotel Mercure tampak Penjabat Bupati saat memberikan sambutan di hadapan peserta seminar.

PANGKALAN BUN – Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) H. Budi Santosa membuka Seminar Penguatan Tata Kelola Badan Usaha Milik Daerah (BUMD),Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 80 orang,yaitu dari Perumdam Tirta Arut dan BPR Marunting Sejahtera di Balroom Hotel Mercure Jalan Udan Said Pangkalan Bun.Sabtu 20 Januari 2024

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), untuk meningkatkan perannya dalam menggerakkan roda perekonomian serta meningkatkan kontribusi BUMD bagi perekonomian daerah dan nasional

Direktur BUMD, BLUD dan BMD Dirjen Keuangan Daerah Kemendagri Drs. H. Yudia Ramli, M.Si, menjadi narasumber dalam kegiatan ini.

BACA JUGA:   Pj Bupati Kobar Buka Pasar Wadai, H. Budi Santosa : Sebentar Lagi Akan Digelar Pasar Murah Ramadan

Dalam sambutannya, Pj. Bupati H.Budi Santosa menyampaikan pentingnya memperkuat tata kelola BUMD sebagai langkah strategis dalam menggerakkan roda perekonomian serta untuk meningkatkan kontribusi BUMD dalam pembangunan daerah.

“Seminar ini saya harapkan menjadi ajang berbagi pengetahuan dan pengalaman, sekaligus membangun sinergi antara pemerintah daerah, BUMD, dan pelaku bisnis lokal,” kata H. Budi Santosa.

Pj. Bupati meyakini bahwa penguatan BUMD akan memberikan dampak positif bagi roda perekonomian daerah, meningkatkan iklim investasi, serta mendukung program privatisasi yang pada akhirnya berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Ke depan harus terus tercipta ide-ide inovatif dan strategis yang dapat diterapkan oleh BUMD untuk menghadapi perubahan dinamika bisnis dan ekonomi,” pesan H. Budi Santosa.

BACA JUGA:   Bakti Sosial Ramadan 1445 H, Ketua YKB Daerah Polda Kalteng Kunjungi  SLBN 2 Pangkalan Bun

Di Kobar, terdapat dua BUMD yang operasional dan sehat, yaitu Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Arut dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Marunting Sejahtera.

Perumdam Tirta Arut telah mencatat laba sekitar 250 juta rupiah pada tahun 2023. Sedangkan BPR Marunting sejahtera, mampu membukukan laba sebesar 2,3 miliar rupiah pada tahun 2023.

Dengan pelaksanaan seminar ini, diharapkan kinerja BUMD di Kotawaringin Barat terus dapat ditingkatkan, memberikan dampak positif bagi perkembangan perekonomian di wilayah tersebut. (Gusti/Man)