Tahun Ini Rp20 Miliar Digelontorkan Pembangunan Infrastruktur Jalan Sebangau Kuala

DENNY/BERITA SAMPIT – Usis I Sangkai, Kepala Dinas PUPR Pulang Pisau.

PULANG PISAU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), masih memfokuskan program pembangunan di bidang infrastruktur jalan, salah satunya peningkatan jalan Maliku-Bantanan di wilayah Kecamatan Sebangau Kuala, kabupaten setempat.

“Khusus jalan Maliku-Bantanan di 2024 ini akan kita gelontorkan anggaran sebesar Rp 20 miliar,” ujar Kadis PUPR Pulang Pisau, Usis I Sangkai, Jumat 19 Januari 2024 di ruang kerjanya.

Ia menyebut, anggaran sebesar Rp 20 miliar tersebut untuk peningkatan jalan sepanjang 10-15 kilometer, dan diprediksi menghabiskan anggaran sangat besar hingga Rp 500 miliar.

BACA JUGA:   Pembangunan Jalan Tumbang Nusa untuk Hindari Terputusnya Perekonomian Masyarakat Kalteng-Kalsel

“Rp 20 miliar itu diperkiraan 10 sampai 15 kilometer. Jadi kita fokus kepada pondasi jalannya dulu, setelah kuat baru tahap pengaspalan. Keseluruhannya nanti akan menghabiskan anggaran sebesar Rp 500 miliar,” ungkapnya.

Tak hanya di wilayah Kecamatan Sebangau, lanjut Usis, pihaknya juga terus berfokus pada pembangunan jalan dan jembatan di wilayah Kecamatan Kahayan Kuala (Bahaur).

“Kalau di Kecamatan Kahayan Kuala ini kita lebih fokus pada pembangunan jembatannya dulu, karena wilayah sana (Bahaur) banyak jembatan yang harus diperbaiki, dan ini juga membutuhkan biasa sangat banyak. Tetapi kita bersyukur mendapat dukungan anggaran dari Kementerian PUPR,” ucap Usis sapaan akrab Kadis PUPR Pulang Pisau.

BACA JUGA:   Pembangunan Jalan Tumbang Nusa untuk Hindari Terputusnya Perekonomian Masyarakat Kalteng-Kalsel

Sementara perlu diketahui, sepanjang tahun 2023 lalu Dinas PUPR Pulang Pisau sendiri sudah melaksanakan program pembangunan, diantaranya mempercantik wajah kota Pulang Pisau dengan melakukan pengaspalan sejumlah ruas jalan,Jalan H Amur (Rey III) Jalan Rey I Jalan Masrumi Layar, Jalan Darung Bawan.

Kemudian lagi, pihaknya sudah mempercantik taman-taman yang ada di wilayah perkotaan, dan bersinergi dengan Dinas Pendidikan untuk merehab dan membangun sekolah yang ada di wilayah Kabupaten Pulang Pisau secara bertahap serta perbaikan drainase di sejumlah titik di wilayah perkotaan dan perumahan. (Denny)