Sebanyak 493 Tekon Dinas Pendidikan Kotim Tetap Diperpanjang Kontrak

NARDI/BERITA SAMPIT- Bupati Kotim Halikinnor saat menyerahkan SK Perpanjangan Tenaga Kontrak (tekon) lingkungan Disdik Kotim.

SAMPIT – Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor melakukan penyerahan Surat Keputusan (SK) Perpanjangan Tenaga Kontrak (tekon) Lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Kotim di Gedung Serbaguna Sampit, Senin 29 Januari 2024.

Sebanyak 493 tekon dilingkungan Dinas Pendidikan, tekon guru ada 442, tenaga lapangan Dikmas (TLD) sebanyak 11 orang, (TBM) sebanyak dua orang, tenaga administrasi di Kantor Disdik Kotim 38 orang diperpanjang hingga setahun.

BACA JUGA:   Pemkab Akui Pembukaan Hutan untuk Perkebunan Semakin Memperparah Banjir di Kotim

Halikinnor menyampaikan walau kebijakan pusat tekon dihapuskan November 2023 lalu, namun Kotim memutuskan tetap mempertahankan karena saat ini kebutuhan tekon masih sangat diperlukan.

“Jika diberhentikan maka banyak sekolah yang masih kekurangan guru dan akan menjadi masalah lagi dalam bidang pendidikan, terlebih mereka juga kehilangan pekerjaan, ” ungkapnya.

Sehingga dirinya menyampaikan video kepada kementrian agar Kotim tetap mempertahankan tekon karena kondisinya masih sangat diperlukan.

BACA JUGA:   Fajrurahman Sosok yang Patut Diperhitungkan di Pilkada Kotim

Ia juga menyampaikan bahwa pembayaran juga menggunakan APBD sehingga tetap mempertahankan mereka, padahal ketentuan tidak boleh lagi ada tekon.

Untuk itu dirinya berpesan agar tekon bekerja dengan baik dan maksimal karena sudah dipertahankan, serta kedepannya ada lagi kuota penerimaan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja), tes CPNS agar tidak lagi berstatus sebagai tekon. (Nardi)