Survei Tertutup CNN: Prabowo 52,7%, Ganjar 30,3%, dan Anies 13,4%, Berpeluang Satu Putaran

Prabowo Subianto Gibran Rakabuming

JAKARTA– Citra Network Nasional (CNN) baru saja menggelar survei berjudul “Mengukur Preferensi Publik terhadap Capres-Cawapres jelang Pemilu 2024”.

Menurut Direktur Eksekutif CNN, Robby Rosyadi, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Jokowi terutama dalam bidang perekonomian nasional, sebesar 74,7% yang merasa puas dan sebanyak 25,3% yang tidak puas dan tidak memberikan jawaban.

Sementara preferensi publik terhadap kriteria dan kemampuan dari sosok presiden yang menggantikan Jokowi, sebanyak 80,6% menginginkan sosok presiden pengganti Jokowi memiliki kriteria dan kemampuan dalam mengelola perekonomian nasional.

Hal itu agar bisa meningkatkan kedaulatan ekonomi rakyat dan mampu membayar utang Indonesia yang menumpuk.

“Sebanyak 80,7% menginginkan sosok yang memiliki kriteria dan kemampuan untuk bisa menyatukan masyarakat yang terpolarisasi akibat dampak pilpres 2024 nanti. Hasil survei ini menemukan jawaban dan pilihan secara terbuka dan tertutup jika Pilpres digelar hari ini terhadap tingkat keterpilihan tiap – tiap Capres – Cawapres,” kata Robby Rosyadi di Jakarta, Selasa, 30 Januari 2024.

Dalam pertanyaan terbuka kepada 2.200 responden terkait pilihan pada ketiga pasang calon Presiden – Wakil Presiden, nama Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka paling banyak dipilih jika pilpres digelar hari ini

Di mana dari 2.200 responden yang sudah memiliki hak pilih sebanyak 39,4% memilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka kemudian sebanyak 22,8% memilih Ganjar Pranowo- Mahfud MD dan sebanyak 9,7% memilih Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar. Dan, yang tidak menjawab sebanyak 28,1 persen.

Dan, dalam pertanyaan tertutup menggunakan kuisioner ketika diminta untuk memilih jika pemilihan presiden digelar hari ini, maka hasilnya pasangan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka dipilih secara tertutup sebanyak 52,7% lalu pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD 30,3%, dan Pasangan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar 13,4% dan tidak memilih sebanyak 3,6%.

BACA JUGA:   Komisi II DPR: Insha Allah Hak Angket Tak Akan Terwujud

Survei CNN menggunakan metode multi stage random sampling dengan jumlah responden sebanyak 2.200 tersebar di 34 Provinsi. Survei ini memiliki margin of error +/- 2,08 dengan level kepercayaan 95 persen. Survei dilaksanakan mulai 14-26 Januari 2024.

Sementara itu pengamat politik Timpal Daniel S mengatakan, terkait keinginan publik terhadap capres yang mampu mengelola ekonomi nasional dan sekaligus menutup hutang negara, publik sudah menemui fiturnya lewat pilihannya lewat survey ini yaitu 52 ,7% pilih 02.

Temuan ini mengkonfirmasi bahwa mereka yang memilih ini telah menangkap pesan kampanye 02 yang fokus untuk menuju Indonesia sebagai negara maju yang ditopang dengan perekonomian nasional yang mandiri dan kuat.

“Capres-cawapres 02 lewat program hilirisasi sangat memungkinkan menjadikan Indonesia tidak hanya menjadi negara eksportir bahan mentah tapi meningkat sebagai negara produsen produk aneka barang dari turunan industri hilirisasi tersebut,” tegas Timpal Daniel S.

Untuk mencapai posisi ini lanjut Timpal, tentu saja akan menghadapi banyak perlawanan dari luar dan dalam negeri, untuk itu publik percaya dengan kemampuan Prabowo sebagai sosok yang tegas,berani dan kecakapan diplomasi dengan banyak negara,seperti yg dia sudah lakukan selama menjadi Menhan empat tahun ini.

“Khusus harapan rakyat agar terhindar dari polarisasi yang akan mengancam persatuan dan keamanan buat semua rakyat Indonesia, adalah harapan yang realistik mengingat potensi konflik sangat terbuka. Dari ketiga calon 01 dan 03 seperti air dan minyak dari perspektif sosiologis dan ideologis. Meskipun saat ini digadang sedang membangun koalisi menuju putaran kedua, namun banyak yang sangsi, apakah selera elit itu sama dengan selera rakyat kecil atau wong alit,” jelas Timpal Daniel S.

BACA JUGA:   Legislator Golkar: Mari Perkuat Ikatan Kebangsaan Pasca Pemilu 2024

Setidaknya pihaknya sudah mendapati jawaban sejak Maret 2023 lewat temuan semua survei kandidat bahwa Prabowo selalu unggul head to head bila berhadapan dengan Ganjar maupun Anies.

Bahkan setelah dipasangkan dengan cawapres sejak Oktober 2023 , tetap saja pasangan 02 unggul bila terjadi head to head. Temuan survei ini berarti publik konstan menilai bahwa pasangan tengah yang bisa meredam polarisasi dan keterbelahan di masyarakat adalah paslon Prabowo-Gibran.

“Hemat saya kemenangan 02 masih bisa diklaim oleh kekuatan politik dan pendukung dari 01 maupun 03, karena ada irisan-irisan pada tokoh-tokoh. Gibran secara Ideologis lebih dekat PDIP sebagai gerbong utama 03 dan Prabowo relatif memiliki kedekatan historis pada pilpres 2019 dengan Islam populis yang kini sebagai pendukung 01,” ujarnya.

Terkait temuan survei CNN di ujung Januari 2024 jelang dua minggu hari pencoblosan pada 14 Pebruari 2024 yang menempatkan pasangan 02 memperoleh 52,7 % yang artinya pilpres akan berlangsung satu putaran.

Hal itu kata dia, sama dengan temuan polster lain yg menunjukan trend kenaikan elektabilitas 02 masih berlangsung dan ini juga berkolaborasi dengan temuan survey LSI Deny JA pada 30/1-2024 bahwa publik sebanyak 84 % ingin polres sekali putaran.

(adista)