Tahan Inflasi, Sejumlah Komoditas Harus Jadi Perhatian Bersama

DENNY/BERITA SAMPIT – Penjabat Bupati Nunu Andriani bersama jajaran saat mengikuti Zoom Meeting.

PULANG PISAU – Penjabat (Pj) Bupati Pulang Pisau (Pulpis) Nunu Andriani mengatakan sejumlah komoditas seperti bawang putih, beras, telur ayam dan jagung terutama jagung pakan untuk ternak di samping komoditas lain seperti bawang merah, saat ini harus menjadi perhatian bersama untuk menahan inflasi.

Hal itu dikatakannya setelah mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) mingguan Pengendalian Inflasi Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) bertempat di ruang Zoom Meeting Bupati Pulang Pisau, Selasa 30 Januari 2024.

Ia juga menyampaikan bahwa poin utama dalam pengendalian inflasi dengan bekerjasama untuk mengatasi persoalan inflasi itu, yang mana saat tahun 2024 cukup terjaga baik, namun harus terus update karena selalu berubah. “Saya mengapresiasi atas upaya-upaya kita untuk mengendalikan inflasi, baik di tingkat pusat maupun daerah,” ucapnya.

BACA JUGA:   Pembangunan Jalan Tumbang Nusa untuk Hindari Terputusnya Perekonomian Masyarakat Kalteng-Kalsel

“Jadi yang menjadi fokus perhatian atau prioritas utama adalah mengendalikan inflasi. Karena inflasi dampaknya cukup luas, termasuk pada pertumbuhan ekonomi dan berdampak pula pada persoalan pengangguran, kemiskinan. Ini menjadi fokus perhatian kita semua,” kata dia.

Menurutnya, inflasi dapat menyebabkan nilai uang menurun, sehingga daya beli masyarakat menjadi lebih rendah. Hal ini dapat mengurangi kesejahteraan masyarakat, terutama bagi mereka yang memiliki penghasilan rendah. Kemudian juga merugikan masyarakat yang berpendapatan tetap, karena upah/gaji yang diperoleh tidak dapat mengikuti/menyesuaikan kenaikan harga, sehingga semakin berat dirasakan oleh masyarakat.

BACA JUGA:   Pembangunan Jalan Tumbang Nusa untuk Hindari Terputusnya Perekonomian Masyarakat Kalteng-Kalsel

Zoom meeting tersebut merupakan bagian dari kegiatan pengendalian inflasi yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri dan menjadi forum penting untuk membahas strategi dan langkah-langkah dalam menangani masalah Inflasi di tingkat daerah.

Rapat yang dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, Tito Karnavian merupakan rapat rutin yang dilakukan dalam rangka pengendalian inflasi di seluruh wilayah yang ada di Indonesia.

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Pulang Pisau Tony Harisinta, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekretariat Daerah, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Badan Pusat Statistik Kabupaten Pulang Pisau. (Denny)