Ciptakan Pemilu Lancar-Damai, Kodim 1017/Lmd Gelar Coffe Morning dengan Para Tokoh Masyarakat dan Agama

ANDRE/BERITA SAMPIT : Pj Bupati Lamandau Lilis Suryani, Dandim 1017/Lmd Letkol Arm Ari Sugiharto, dengan para penjabat berserta para tokoh agama dan Masyarakat. 

NANGA BULIK – Dalam upaya menjaga Pesta demokrasi sejuk dan damai guna menciptakan kerukunan dan keutuhan persatuan dan kesatuan jelang Pemilu, Kodim 1017/Lamandau menggelar kegiatan Coffee Morning.

Bersama jajaran pemerintah daerah, Forkopimda, penyelenggara dan perwakilan peserta pemilu serta perwakilan tokoh-tokoh, baik agama,adat, tokoh masyarakat serta perwakilan mahasiswa Politeknik Lamandau.

Komandan Kodim (Dandim) 1017/Lmd, Letkol Arm Ari Sugiharto, menyampaikan kegiatan Coffee Morning bersama seluruh elemen masyarakat untuk mendukung terciptanya Kamtibmas dilingkungan masyarakat Kabupaten Lamandau menjelang pemilu, saat pelaksanaan pemungutan suara serta pasca hari pencoblosan Pemilu 2024.

“Pada intinya Kodim 1017/Lmd, atas arahan Pangdam saat pelaksanaan apel kesiapsiagaan Pemilu 2024, Kami melaksanakan kegiatan pertemuan bersama seluruh elemen masyarakat, hal ini bertujuan untuk menyatukan niat semua pihak untuk menyukseskan Pemilu 2024 terlaksana dengan aman dan damai,” ucapnya yang digelar di aula Makodim. Jumat 2 Februari 2024.

Dandim Ari Sugiharto menyebutkan, pihaknya siap melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai arahan Pangdam XII Tanjung Pura, diantaranya melaksanakan sosialisasi pelaksanaan pemilu damai, memback up pihak kepolisian dibidang keamanan pada pelaksanaan Pemilu serentak 2024.

BACA JUGA:   Tingkat Kejahatan di Kabupaten Lamandau Turun Drastis

“Selain itu, Kita juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk dapat menggunakan hak pilihnya pada Pemilu tanggal 14 Februari 2024 mendatang, mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kerukunan dan ketertiban sehingga pesta demokrasi di negara kita dapat berlangsung dengan lancar, aman dan damai,” kata Dandim Ari Sugiharto.

Kesiapan personil Kodim 1017/Lmd untuk menghadapi pelaksanaan Pemilu, Dandim menegaskan bahwa seluruh prajurit siap siaga untuk membantu mengamankan jalannya Pemilu 2024.

“Kurang lebih 130 personil Kita siapkan untuk memback up Polres Lamandau melaksanakan pengamanan Pemilu 2024 ini,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Pj Bupati Lamandau Lilis Suriani, mengatakan bahwa Pemkab Lamandau mengapresiasi dan mendukung dilaksanakannya kegiatan Coffee Morning bersama perwakilan elemen masyarakat yang diinisiasi oleh Kodim 1017/Lmd.

“Pemerintah daerah mendukung penuh dalam pelaksanaan Pemilu 2024 nanti, dan dapat terlaksana dengan aman dengan damai,” ucapnya saat memberikan sambutan.

Pj Bupati mengatakan, dengan dihadiri seluruh perwakilan dari elemen masyarakat diharapkan dapat memberikan energi positif untuk bersama menyukseskan Pemilu di Kabupaten Lamandau.

BACA JUGA:   Desa Mekar Mulya Raih Sertifikasi RSPO

Pj Buapati juga menegaskan, untuk Pemerintah daerah dirinya menekankan kepada seluruh ASN dan aparat keamanan agar dapat menjaga netralitasnya dan tidak terlibat dalam politik praktis, sehingga pelaksanaan Pemilu di Lamandau berlangsung lancar dan damai.

“Saat berkeliling ke daerah-daerah memantau kesiapan pelaksanaan Pemilu, Kami senantiasa menyampaikan kepada masyarakat agar tetap rukun dan tidak mudah terprovokasi oleh hal-hal yang dapat memecah belah, mari kita bergandengan tangan untuk bersama menyukseskan Pemilu 2024,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga, perwakilan dari tokoh masyarakat Darong, dirinya menegaskan siap untuk menyukseskan pemilu di Kabupaten Lamandau dapat terlaksana dengan aman dan damai.

“Tentunya warga yang memiliki hak pilih dapat menggunakan haknya sesuai dengan hati nurani serta cerdas dalam menentukan pilihan dengan pertimbangan rasional bukan emosional, dan kita siap untuk menjaga pesta demokrasi dengan damai,” bebernya. (Andre)