Disdik Pulang Pisau Kukuhkan 19 Guru Penggerak

IST/BERITA SAMPIT - Kabid Ketenagaan Dinas Pendidikan Kabupaten Pulang Pisau, Kuwadi foto bersama Kepala BGP Provinsi Kalimantan Tengah, I Ketut Sukajaya, Kepala BPMP Kalteng, Tomy Haridjaya.

PULANG PISAU – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) mengukuhkan sebanyak 19 orang Guru Penggerak Angkatan VIII. Kegiatan pengukuhan ini dilaksanakan di Aula Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Kalimantan Tengah, Sabtu 3 Februari 2024.

Kepala Dinas Pendidikan Pulpis, Sri Putri Pratiwi melalui Kepala Bidang Ketenagaan, Kuwadi mengatakan, semoga kelak para Guru Penggerak yang telah dikukuhkan, dapat berkontribusi positif untuk kemajuan pendidikan di Kabupaten Pulang Pisau. Karena para Guru Penggerak tersebut sangat memiliki peran penting dalam mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas.

“Guru Penggerak harus bisa membuktikan bahwa dengan tekad dan semangat pantang menyerah, mereka dapat memperlihatkan peningkatan mutu pendidikan yang nyata, dan menjadi contoh inspiratif bagi para pendidik lainnya,” tandasnya.

BACA JUGA:   Pembangunan Jalan Tumbang Nusa untuk Hindari Terputusnya Perekonomian Masyarakat Kalteng-Kalsel

Selain itu, kata Kuwadi, para guru pendidik dapat mengaplikasikan kompetensi kepemimpinan yang telah diajarkan, juga meningkatkan tindakan sosial dengan cara menjaga hubungan baik bersama masyarakat dan lingkungan sekitar.

”Mereka adalah guru-guru tangguh yang nantinya harus siap diangkat atau dipilih menjadi kepala sekolah maupun pengawas sekolah, ” jelasnya.

Kuwadi beberkan bahwa hari ini adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh para Guru Penggerak Angkatan VIII yakni kegiatan pengukuhan tersebut. Karena proses perjalanan panjang mereka telah dimulai dari Lokakarya 0 bulan Mei 2023 dan berakhir di bulan Desember 2023 dengan didampingi 3 orang pengajar praktik, serta fasilitator yang sudah dipilih oleh Kementerian Pusat.

BACA JUGA:   Pembangunan Jalan Tumbang Nusa untuk Hindari Terputusnya Perekonomian Masyarakat Kalteng-Kalsel

Dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada BGP Provinsi Kalimantan Tengah, yang  telah memfasilitasi acara pengukuhan guru penggerak angkatan VIII ini.

”Dengan diadakannya pengukuhan Guru Penggerak Angkatan VIII di Aula BGP ini, diharapkan menjadi pilar pendidikan unggulan, prestasi dan semangat belajar di sekolah-sekolah seluruh wilayah Pulpis. Pemerintah dan masyarakat pun berkomitmen untuk terus mendukung dan memberikan apresiasi bagi para pahlawan pendidikan ini, demi masa depan yang lebih cerah bagi generasi penerus bangsa,” tutupnya. (Denny)