Tahun Politik, Media Memiliki Tanggung Jawab Jadi Sumber Informasi Utama

DENNY/BERITA SAMPIT – Waket II DPRD Pulang Pisau Sentot Siswanto.

PULANG PISAU – Pada Tahun Politik menjelang Pemilu Serentak 2024 ini, Wakil Ketua II DPRD Pulang Pisau, Sentot Siswanto mengatakan media memiliki peran yang sangat strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan menjadi sumber informasi utama.

Di era perkembangan zaman teknologi informasi dan digitalisasi seperti sekarang ini, media harus berperan sebagai agen perubahan positif. Terlebih lagi, berbagai macam pemberitaan tidak benar atau hoaks kerap kali beredar.

“Media memiliki tanggung jawab sebagai sumber informasi utama bagi masyarakat untuk memberikan sajian pemberitaan yang benar dan sesuai fakta serta berdasarkan kode etik jurnalistik,” kata Politisi PKB Pulang Pisau Dapil II Maliku dan Pandih Batu ini, Sabtu 3 Februari 2024.

Terlebih di tahun politik seperti saat ini, berbagai pemberitaan negatif berkembang dengan tujuan untuk saling menjatuhkan lawan politik, sehingga peran media untuk meluruskan pemberitaan yang tidak benar sangat diperlukan.

Dalam menyajikan berita, media harus bisa menjaga netralitas dan tidak hanya mendukung atau berpihak pada salah satu pasangan saja. Hal ini penting dilakukan agar media dapat menjaga kredibilitas dan kesahihan informasi yang disampaikan.

“Media bertanggung jawab untuk memberikan informasi yang akurat dan dapat dipercaya oleh masyarakat,” ucapnya.

Ia berharap media dapat turut mensukseskan gelaran pemilu serentak tahun 2024 mendatang melalui sajian pemberitaan yang positif.

“Kita percaya bahwa media di Kalimantan Tengah mampu berperan adil dalam menyajikan pemberitaan dan turut menjaga kemajuan dalam mencerdaskan bangsa,” ujarnya.

Dalam era yang terus berkembang dan kompleks seperti sekarang ini, media memiliki peran yang sangat besar dalam memberikan pencerahan bagi masyarakat. Oleh karena itu, media harus dapat memastikan bahwa setiap pemberitaan yang disampaikan benar-benar akurat, menarik dan berbasis kode etik jurnalistik.

“Hanya dengan demikian, kita dapat memastikan informasi yang diterima oleh masyarakat dapat membawa manfaat untuk kemajuan bangsa dan negara kita,” tutup Sentot. (Denny)