Bawaslu Katingan Ingatkan Peserta Pemilu Agar Jalankan Fungsi dan Tugas di TPS

BITRO/BERITASAMPT - Ketua Bawaslu Katingan Yosafat. E. Kawung saat diwancarai awak media di Gedung Salawah, Selasa 6 Februari 2024.

KASONGAN – Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Katingan mengingatkan kepada para peserta pemilu agar menjalankan fungsi dan tugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Katingan, Yosafat. E. Kawung usai kegiatan penguatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam rangka pelatihan saksi peserta pamilu yang diikuti 390 orang di 13 kecamatan di wilayah Kabupaten Katingan, di Gedung Salawah pada Selasa 6 Februari 2024.

Dikatakan Yosafat pada kegiatan ini merupakan agenda penting dan wajib yang dilakukan oleh Bawaslu secera sarentak dan untuk peserta pemilu.

BACA JUGA:   Lantik Pj Kades dan PAW BPD, Pj Bupati Katingan Sampaikan Pesan Ini

“Kami berharap untuk para saksi peserta pemilu yang hadir sebagai peserta pada kegiatan ini betul-betul pada saatnya nanti bisa melaksanakan fungsi dan tugasnya dengan baik,” ungkap Yosafat saat diwawancarai awak media di Gedung Salawah pada Selasa 6 Februari 2024.

Selain itu kata Yosafat untuk mengetahui saksi nanti yang bertugas di TPS, mareka harus bisa mempresentasikan peserta pemilu yang mareka wakili, sehingga mereka betul-betul bertangung jawab dengan melaksanakan tugasnya memastikan proses pelaksanaan pemungutan suara di TPS nanti karena sesuai dengan ketentuannya.

“Oleh, sebab itu, karena ada kesamaan fungsi dan tugas antar saksi dengan pengawas TPS, selain menjalankan tugasnya yang baik, kita berharap saksi bisa bersinergi dengan pengawas TPS,” katanya.

BACA JUGA:   Jelang Idul Fitri, Pj Bupati Katingan Lakukan Sidak di Pasar Tradisonal Pegatan

Sementara itu dirinya juga mengungkapkan bahwa ada dua kekuatan di TPS yaitu saksi TPS dan pengawas TPS pada saat proses pemungutan nanti agar betul-betul terawasi dengan baik di setiap TPS nya masing-masing.

“Kita berharap agar pengawas dan saksi benar-benar menjalankan tugas dan amanah yang telah di berikan agar betul-betul melaksakan fungsi dan tugasnya dengan baik,” pungkasnya.

(Bitro)