Jelang Pemilu, Polisi Tingkatkan Kemampuan Satlinmas

IST/BERITA SAMPIT — Polsek Tewang Sangalang Garing dan Pulau Malan, bersinergi bersama Forkopimcam Kecamatan Tewang Sangalang Garing, memberikan pelatihan dan pembekalan kepada Satlinmas.

KASONGAN – Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024, Polsek Tewang Sangalang Garing dan Pulau Malan, bersinergi bersama Forkopimcam Kecamatan Tewang Sangalang Garing, memberikan pelatihan dan pembekalan kepada Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas).

Linmas merupakan pelopor dalam menjaga keamanan lingkungan, terlebih saat ini sudah mendekati hari pemilihan umum serentak, oleh karenanya kami memberikan atensi dengan pelatihan dan pembinaan kepada anggota Linmas se-Kecamatan Tewang Sangalang Garing.

Kapolres Katingan AKBP I Gede Putu Widyana, melalui Kapolsek Tewang Sangalang Garing dan Pulau Malan, Ipda Didik Suhardianto menyampaikan, saat kegiatan pelatihan pembekalan Linmas berlangsung di halaman Kantor Kecamatan Tewang Sangalang Garing, Selasa 6 Februari 2024.

BACA JUGA:   Jelang Arus Mudik, Polisi Berikan Bantuan Alat Keselamatan untuk Ferry Penyeberangan

Lebih lanjut Ia menjelaskan, pembinaan dan pembekalan yang diberikan kepada Satlinmas bertujuan agar penyelenggaraan pemilihan umum dapat berjalan dengan aman, lancar dan kondusif.

Dipaparkan Kapolsek, sesuai Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan Permendagri bahwa Linmas memiliki tugas untuk mengamankan dan menjaga kondusifitas pemilu.

“Maka dari itu, kami meningkatkan kemampuan dan membekali Satlinmas dengan teori berupa aturan dan kode etik yang berlaku serta praktek kesiapsiagaan, sehingga mereka bisa menjalankan tugas secara maksimal,” ujarnya.

BACA JUGA:   Pj Bupati Katingan dapat Respon Baik dari KLHK Usai Koordinasi Terkait Penggunaan Kawasan Hutan

Pada kesempatan itu juga Kapolsek mengapresiasi sinergitas kerja sama Forkopimcam dan berbagai elemen masyarakat dalam menyukseskan pemilu serentak.

“Melalui sinergi ini, diharapkan penyelenggaraan Pemilu dapat berjalan aman, nyaman, damai dan kondusif,” tuturnya.

(Bitro)