Usai Panen Buah Melon, Pj Bupati Kobar Berikan Saran untuk P4S Karya Baru Mandiri

IST/BERITA SAMPIT : Nampak Pj.Bupati Kobar H.Budi Santosa, dengan senyum gembira saat manen Buah Melon.

PANGKALAN BUN – Pembangunan Sektor Pertanian di Kabupaten Kobar nampaknya semakin berkembang, mulai dari tanaman Cabe, Jagung, yang terakhir tanaman Buah Melon yang digarap oleh Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Karya Baru, binaan Dinas Pertanian Kabupaten Kobar.

“Betul sekali, Kamis 22 Februari 2024 kemarin sudah melaksanakan panen buah melon di Desa Kubu Kecamatan Kumai,“ kata Pj.Bupati Kobar H. Budi Santosa, saat dikonfirmasi, Jumat 23 Februari 2024.

Menurut Pj.Bupati Kobar, atas nama pemerintah daerah pihaknya sangat mengapresiasi dan penghargaan terhadap peran  P4S, yang telah mengembangkan pertanian Buah Melon.

BACA JUGA:   SMA Negeri 2 Kumai Bekali Siswa untuk Ikuti Olimpiade Sains Nasional

“Saya menilai peran serta dan keberadaan P4S ini sangat strategis, terutama dalam mencetak para petani muda yang akan menjadi garda terdepan dalam menghadapi tantangan pertanian di masa depan,”  kata H. Budi Santosa.

Dijelaskannya, kegiatan seperti ini sebagai bagian dari strategi menjaga rutinitas pertanian yang ada di Kotawaringin Barat.

“Kami berharap P4S mampu menjadi pusat pelatihan yang berkualitas dan mendorong inovasi-inovasi baru dalam dunia pertanian,” imbuh Pj Bupati.

Pj Bupati, setelah memanen Buah Melon juga berdialog sambil memberikan arahan kepada para petani buah melon dan pengurus P4S Karya Baru. Pada intinya, Pj Bupati menghimbau kepada mereka untuk terus meningkatkan kualitas dan dampak dari program-program yang telah dan akan dilaksanakan.

BACA JUGA:   Sampaikan LKPJ TA 2023, Pj Bupati Ungkapkan Pertumbuhan Ekonomi di Kotawaringin Barat Semakin Meningkat

“Diharapkan untuk kedepannya, Kabupaten Kobar juga menjadi swa sembada sekaligus  salah satu produsen buah Melon di Propinsi Kalteng, karena kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dalam bidang pertanian kini semakin bersatu, untuk memupuk kemajuan, sehingga memberikan manfaat yang nyata bagi  peningkatan perekonomian masyarakat Kotawaringin Barat,“ ungkapnya.

Setelah panen perdana Buah Melon, Pj. Bupati  Kobar melanjutkan kunjungannya ke peternakan Sapi serta meninjau beberapa lahan tanaman pertanian lainnya yang dikelola P4S. (Rilis Prokom/Ribut/Man).