Perolehan Suara Caleg Dapil 2 Kotim, Inkamben Masih Banyak yang Bertahan

NARDI/BERITASAMPIT - Salah satu TPS di Kecamatan Baamang saat hari Pemilu 14 Februari 2024.

SAMPIT – Perolehan suara calon legislatif (caleg) DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Daerah Pemilihan (Dapil) 2 sudah terlihat berdasarkan rekapitulasi kecamatan yang Berita Sampit himpun, Selasa 27 Februari 2024.

Dapil 2 meliputi Kecamatan Baamang dan Seranau, dengan jatah sebanyak delapan kursi, para inkamben dihadapkan dengan sejumlah tokoh kuat untuk merebut kursi DPRD.

Posisi pertama ada PDI Perjuangan yang meraih total 7532 suara berhasil mengamankan dua kursi mereka, sosok pensiunan Lurah Baamang Barat Paliansyah yang baru masuk dunia politik mampu meraih suara terbanyak yaitu 1931 suara mengungguli inkamben Rinie dengan 1133 suara, yang selisihnya sangat tipis dengan Sugito yaitu 1127 suara.

BACA JUGA:   Pemkab Akui Pembukaan Hutan untuk Perkebunan Semakin Memperparah Banjir di Kotim

Kemudian ada partai PAN meraih 6565 total suara, dengan tokoh inkamben andalan mereka di dapil ini Dadang Siswanto yang kembali meraih suara terbanyak yaitu 2798, berhasil meraih satu kursi.

Partai Gerindra memasang dua tokoh kuat Sanidin dan Rambat menargetkan dua kursi, namun hanya berhasil meraih satu kursi saja, dengan total perolehan suara 6445.

Rambat jauh lebih unggul meraih 3062 suara, sementara Sanidin sebagai inkamben harus gugur yang meraih sebanyak 2292 suara.

Golkar mendapatkan jatah satu kursi dengan perolehan total 5287 dan Abdul Kadir sebagai inkamben kembali terpilih dengan 1365 suara.

Kemudian Partai Nasdem meraih 4889 suara, inkamben Syahbana bersaing ketat dengan Rini Setiawati dalam perolehan suara. Syahbana menang tipis dengan meraih 2132 dan Rini 2099.

BACA JUGA:   Gerindra Usulkan Menteri dari Kalimantan Tengah

PKS yang sebelumnnya tidak memiliki kursi di dapil ini berhasil meraih satu kursi, dengan raihan suara sebanyak 3716, mengantarkan Ariyandi yang meraih 2096 suara duduk di DPRD Kotim

PKB mampu meraih total 3436 suara, juga berhasil mengamankan kursi mereka walaupun sudah kehilangan salah satu tokoh kuat mereka. Nama Marudin jadi yang tertinggi meraih sebanyak 1426 suara.

Sementara Demokrat harus kehilangan kursi mereka setelah meraih total suara sebanyak 2383 saja.

(Nardi)