Clean Up di Pantai Satiruk untuk Perkuat Semangat Gotong Royong

IST/BERITASAMPIT - Kelompok Sadar Wisata (Pordarwis) bersama PT Rimba Makmur Utama (RMU) berencana akan menggelar Clean Up membersihkan Pantai Satiruk Kecamatan Pulau Hanaut, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

SAMPIT – Kelompok Sadar Wisata (Pordarwis) bersama PT Rimba Makmur Utama (RMU) berencana akan menggelar Clean Up membersihkan Pantai Satiruk Kecamatan Pulau Hanaut, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Wakil Kepala Zona Pulau Hanaut PT RMU Donnal Setiawan menyampaikan gerakan tersebut rencananya akan dilaksanakan pada 2-3 Maret 2024, semenjak ditetapkannya Desa Satiruk sebagai desa wisata binaan dari Kementerian Parawista dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekaf) RI, Pokdarwis melihat kondisi pemukiman dan bibir pantai masih banyak sampah plastik yang dihasilkan dari pemukiman warga yang berhamburan.

Dikarenakan tidak ada tempat penampungan atau pembuangan
sampah terakhir, kebiasaan membakar dan membuang sampah ke sungai adalah jalan
satu-satunya yang masyarakat lakukan di Desa Satiruk.

BACA JUGA:   SPBU Km 8 Tjilik Riwut Sampit Sudah Jalankan Tugas Sesuai SOP Penyaluran BBM Subsidi

“Tentunya tidak sejalan dengan
penghargaan yang diberikan oleh Kementerian kepada Desa Satiruk, disisi lain juga bisa merusak lingkungan dan kesehatan warga,” ungkapnya.

Dari fenomena kebiasaan masyarakat membuang sampah sembarangan maka Pokdarwis berinisiatif untuk membuat kegiatan Clean Up dengan meminta suport dari PT RMU untuk melakukan kegiatan tersebut.

Harapan dari kegiatan ini bermaksud untuk menghasilan pemikiran yang Slsolutif dan inovatif terkait dengan permasalahan dengan tema tersebut, sinergitas antara kelompok Pokdarwis dengan Pemerintahan Daerah, Dinas Pariwisata dan PT RMU selaku pihak ketiga bagian dari tujuan terakhir dari kegiatan ini, serta kesadaran masyarakat pentingnya pola hidup sehat dan tidak membuang sampah
sembarangan.

BACA JUGA:   Terjadi Tawuran di Nur Mentaya Saat Malam Minggu

Kegiatan Clean Up bertujuan untuk memperkuat semangat gotong royong bagi masyarakat Desa Satiruk khususnya Satiruk Laut, membangkitkan kesadaran dengan pola hidup sehat tidak membuang sampah sembarangan.

Membantu menyelesaikan permasalahan di lapangan terkait sampah dan tempat pembuangan sampah, membuka ruang berdialog dengan pemerintah daerah dengan Pokdarwis terkait pengelolaan desa wisata.

Pemanfaatan sampah plastik untuk menunjang ekonomi masyarakat, pemanfaatan hutan magrove di Desa Satiruk, lingkungan bersih masyarakat hidup sehat.

(Nardi)