Sektor UMKM Memberikan Kontribusi Signifikan Terhadap PDRB Daerah

IST/BERITA SAMPIT - Suasana sosialisasi Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kalteng kepada pedagang.

PALANGKA RAYA – Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kalteng Norhani mengungkapkan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kalteng telah melaksanakan kegiatan sosialisasi dan pendampingan bagi UMKM selama dua hari pada 26-27 Februari 2024.

Kegiatan penyuluhan dan sosialisasi serta pendampingan kepada UMKM atau pelaku usaha atau pedagang tersebut terkait pentingnya perizinan berusaha bagi UMKM.

Hal ini bertujuan untuk mendorong penyebarluasan informasi terkait kemudahan berusaha. Sektor UMKM memberikan kontribusi yang signifikan terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Daerah dan penyerapan tenaga kerja.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Sebut Panen Raya di Pulang Pisau Alami Peningkatan Dibanding Tahun Lalu

“Kami terus melakukan upaya Penguatan kelembagaan UMKM yang juga menjadi modal dasar kesiapan pelaku usaha dalam menghadapi tantangan di era digital saat ini. Kami terus berupaya semaksimal mungkin dalam hal membantu UMKM dan peningkatan dalam pelayanan untuk pelaku usaha dapat meningkat dan memberikan dampak ekonomis kepada Masyarakat luas,” katanya.

Ia menambahkan, para pegawai Dinas Koperasi dan UMKM ini juga melaksanakan pendampingan dan pendataan pelaku usaha, dimana berguna untuk penguatan kelembagaan melalui perizinan hingga pengembangan usaha UMKM.

BACA JUGA:   Pemkesra Buka Pasar Murah di Kabupaten Gunung Mas

“Selanjutnya juga akan menggelar pasar UMKM menjelang ramadhan, juga membantu Masyarakat hingga pelaku usaha UMKM di wilayah Palangka Raya, dan Kalteng,” tandasnya. (Hardi)