Edy Pratowo Sebut Panen Raya di Pulang Pisau Alami Peningkatan Dibanding Tahun Lalu

IST/BERITASAMPIT - Foto bersama usai melakukan panen raya.

PALANGKA RAYA – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Edy Pratowo melakukan panen raya padi di kawasan food estate, di Desa Belanti Siam Blok A, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Senin 1 April 2024.

Edy Pratowo dalam sambutannya mengatakan Kabupaten Pulang Pisau merupakan salah satu dari dua kabupaten di Kalteng yang menjadi andalan dalam urusan pangan khususnya padi.

“Sehingga perhatian kita sangat tercurah untuk wilayah ini, karena melihat potensi perkembangannya bahwa Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas memang cocok dalam pengembangan padi,”kata Edy Pratowo.

Edy Pratowo berharap dengan adanya kegiatan peningkatan optimasi yang dilakukan panen padi tersebut akan semakin berkembang dan produksinya pun semakin tinggi.

BACA JUGA:   Dishut Kalteng Peringati Hari Bakti Rimbawan ke-41: Peran Rimbawan dalam Pemanfaatan SDA, Bersatu dalam Merawat Lingkungan

Edy Pratowo mangatakan dalam rangka mendukung usaha pertanian di wilayah Kabupaten Pulang Pisau, tahun ini akan dibangun rice to rice atau pablik penggilingan padi.

“Kita berharap kalau pabrik itu dibangun tidak hanya sekedar dibangun saja, tetapi terus memproduksi yang nanti bahan bakunya akan memasok juga dari wilayah Kecamatan Bataguh,”ujar Edy Pratowo.

“Selain Food Estate, di tahun 2024 ini juga Kalteng mendapatkan Program Optimasi Lahan Rawa dan Pompanisasi seluas 81 ribu hektar, salah satunya di Kabupaten Pulang Pisau, kurang lebih 21 ribu hektar,”sambung Edy Pratowo.

BACA JUGA:   Sebagai Putra Daerah, Untung Jaya Bangas Bakal Maju Pilkada Gunung Mas 2024

Selain itu, Edy Pratowo mengatakan hasil panen tahun ini ada peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

“Tahun lalu hasil panen kita 5,7 ton per hektar, hari ini 6,8 ton per hektar, varietasnya sama berarti ada perbaikan dalam upaya optimalisasi lahan ini sehingga produktivitasnya meningkat,” beber Edy Pratowo.

“Jadi tidak salah wilayah ini menjadi sentral produksi padi dan Pemprov Kalteng akan terus mendorong agar hilirisasi dibangun di sini apalagi kalau ada hilirisasinya nanti memasok bahan baku bisa kita peroleh dari wilayah Kecamatan Bataguh Desa Terusan,”pungkas Edy Pratowo.

(Sya’ban)