Sekda Kalteng: Bela Negara Merupakan Tanggung Jawab Bersama

IST/BERITA SAMPIT - Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Nuryakin (kiri)

PALANGKA RAYA – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Tengah menggelar Sosialisasi Peningkatan Kesadaran Bela Negara Provinsi Kalteng Tahun 2024, di Hotel Best Western Batang Garing Palangka Raya, Senin 4 Maret 2024.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Nuryakin menyampaikan, bela negara merupakan tanggung jawab bersama untuk melindungi, mempertahankan, dan memperkuat kedaulatan serta keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Selesainya pemilihan umum merupakan momen penting dalam proses demokrasi yang menandakan keterpilihan rakyat dalam menentukan pemimpin dan arah pembangunan negara. Dengan selesainya pemilihan umum, bela negara tetap menjadi tanggung jawab seluruh elemen masyarakat,” ucapnya.

BACA JUGA:   Dishub Kalteng Berkerja Sama dengan BPTB Kelas II Selenggarakan Mudik Gratis

Ia mengatakan, pemilihan umum yang damai dan demokratis adalah cerminan kekuatan bangsa, yang memperkuat kedaulatan dan stabilitas negara.

“Oleh karena itu, setelah pemilihan umum, penting bagi seluruh warga negara untuk tetap menjaga semangat kebersamaan, menghormati proses demokrasi dan terus berkontribusi dalam pembangunan negara sesuai dengan bidang dan kapasitas masing-masing,” lugasnya.

Lebih lanjut disampaikan, selain itu, bela negara juga mencakup aspek-aspek lain seperti kepedulian terhadap lingkungan, menghargai keberagaman, serta siap sedia dalam menghadapi ancaman dan tantangan dari dalam maupun luar negeri.

BACA JUGA:   Masyarakat Terdampak Banjir Harus Waspada Penyakit Tertentu

Bela negara memiliki peran yang sangat penting dalam mencapai visi Indonesia Maju 2045. Visi indonesia maju 2045 adalah cita-cita untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju di berbagai aspek, termasuk ekonomi, sosial, budaya, dan politik.

Ia mengajak semua elemen Bangsa khususnya generasi muda untuk membangun kebersamaan, kesatuan dalam persatuan menghadapi tantangan-tantangan bangsa ke depan.

“Kemajemukan bangsa bukanlah halangan untuk mewujudkan semangat Bela Negara, Kebhinnekatunggalikaan justru akan bisa memperkuat kecintaan kita pada Bangsa dan Negara,” pungkasnya. (Hardi)